Meningkatkan Kreativitas Guru Geografi di Kota Banjarmasin dalam Merancang Media Pembelajaran Interaktif Melalui Pelatihan Canva

Penulis

  • Parida Angriani Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia
  • Eva Alviawati Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia
  • Karunia Puji Hastuti Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia
  • Nevy Farista Aristin Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia
  • Deasy Arisanty Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia
  • Sidharta Adyatma Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia
  • Muhammad Muhaimin Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia
  • Aswin Nur Saputra Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3836

Kata Kunci:

Canva, geografi, media pembelajaran interaktif, pelatihan

Abstrak

PKM ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru-guru geografi SMA yang tergabung dalam MGMP Geografi di Kota Banjarmasin dalam mendesain media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan era digital. Melalui penggunaan media pembelajaran yang efektif, materi dapat disampaikan dengan lebih baik kepada siswa. Peningkatan kualitas guru dalam merancang media pembelajaran berperan dalam mendukung terciptanya proses pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama meliputi persiapan, seperti observasi lapangan, penentuan lokasi pelatihan, serta penyusunan bahan pelatihan. Tahap kedua adalah pelaksanaan pembuatan dan penggunaan media pembelajaran. Sedangkan tahap ketiga adalah evaluasi oleh narasumber. Keberhasilan kegiatan ini diukur dari kemampuan peserta dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran secara efektif dan tepat. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa guru-guru geografi SMA di Kota Banjarmasin berhasil membuat media pembelajaran interaktif menggunakan Canva. Berdasarkan hasil evaluasi, para guru memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan ini. Mereka menilai Canva sebagai platform yang menarik dan mudah digunakan, sehingga mereka tertarik untuk menerapkannya dalam pengembangan media pembelajaran di kelas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

S. Kasmiati, L. O. Hadini, A. Andrias, F. Saudi, and E. H. Garusu, “Pelatihan Pembelajaran Geografi Berbasis Geospasial bagi Guru SMA di Kota Kendari,” Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 2, pp. 3883–3891, 2023.

R. Seviana, “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Pembelajaran Geografi Materi Planet di Tata Surya,” Geodika J. Kaji. Ilmu dan Pendidik. Geogr., vol. 6, no. 2, pp. 198–208, Dec. 2022, doi: 10.29408/geodika.v6i2.6122.

S. M. Westhisi, E. Aprianti, D. Jumiatin, N. Nurlaela, and S. Sadiyah, “Pelatihan Pembuatan Video Animasi Powtoon untuk Guru PAUD dalam Peningkatan Kompetensi Profesional di Era Merdeka Belajar,” E-Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 15, no. 1, pp. 144–148, Mar. 2024, doi: 10.26877/e-dimas.v15i1.15547.

S. Aisyah et al., “Peran Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran IPS di Era Digital,” J. Inovasi, Eval. dan Pengemb. Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 44–52, Apr. 2024, doi: 10.54371/jiepp.v4i1.382.

D. H. Sasmita, W. S. Utami, and E. Budiyanto, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Pembelajaran Geografi SMA Kelas X di Surabaya,” J. Educ. Dev., vol. 9, no. 4, pp. 621–631, 2021.

M. Nasrullah, J. J, and S. H. Arhas, “PKM Pembuatan Media untuk Pembelajaran Online Canva di SMKN 1 Barru,” Pinisi J. Art, Humanit. Soc. Stud., vol. 2, no. 6, 2022.

M. Mursalin, M. Ali, and D. Armita, “Pelatihan Canva sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Digital Bagi Guru SMA dalam Implementasi Kurikulum Merdeka,” J. Solusi Masy. Dikara, vol. 4, no. 1, Apr. 2024, doi: 10.5281/zenodo.12337816.

A. Adriani, S. Sasmayunita, and A. Salewangeng, “Pelatihan dan Pendampingan Media Pembelajaran Canva For Education Bagi Guru Bahasa SMA Se-kecamatan Ternate Utara,” BERNAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 4, pp. 3173–3177, 2023.

A. N. Alfian, M. Y. Putra, R. W. Arifin, A. Barokah, A. Safei, and N. Julian, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. UBJ, vol. 5, no. 1, pp. 75–84, Aug. 2024, doi: 10.31599/mwdwxy87.

H. R. Maharani, N. Ubaidah, M. A. Basir, D. Wijayanti, I. Kusmaryono, and M. Aminudin, “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Komik Digital dengan Canva for Education,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 3, pp. 760–768, Jun. 2022, doi: 10.31849/dinamisia.v6i3.10084.

G. Gunawan, A. R. Lubis, K. Yusuf, and A. Yani, “Pelatihan Canva Untuk Guru-Guru Di SMA Swasta Amir Hamzah Medan Sumatera Utara,” J. Masy. Indones., vol. 3, no. 01, pp. 34–37, 2024.

N. Partasiwi, D. Safitri, and R. S. Syaadah, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Guru-Guru Sekolah Menengah Pertama di Kota Bekasi,” J. Pengabdi. Masy. Dan Ris. Pendidikan, vol. 2, no. 2, pp. 152–156, 2023.

S. Resmini, I. Satriani, and M. Rafi, “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris,” Abdimas Sliwangi, vol. 4, no. 2, pp. 335–343, 2021.

V. K. Sari, R. Y. Rusdiana, and W. K. Putri, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva bagi Guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso,” J. Pengabdi. Magister Pendidik. IPA, vol. 4, no. 3, Sep. 2021, doi: 10.29303/jpmpi.v4i3.952.

S. Wiyanah, K. Aviory, and C. E. Nuryani, “Pelatihan Aplikasi Canva bagi Guru dalam Mengembangkan Materi Pembelajaran di SMPN 1 Kasihan Yogyakarta,” J-ABDI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 3703–3712, May 2022, doi: 10.53625/jabdi.v2i1.2266.

R. K. Sari, I. Hamzah, S. M. Wijaya, and A. M. Ikbarfikri, “Pelatihan Canva sebagai Media Pembelajaran di SMA N 5 Metro,” J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 4, no. 2, pp. 208–213, 2023.

R. . Mayer, Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge: Cambridge University Press, 2009.

F. N. Anissa and A. M. N. Limbong, “Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMP Islam Tambora,” J. Learn. Educ. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 33–43, 2024.

P. H. Pebriana, A. Rosidah, and N. Nurhaswinda, “Peningkatan Literasi Digital Guru untuk Pembelajaran Berbasis Teknologi di Era Digital,” J. Hum. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 137–148, 2025.

I. Holiah, “Penguatan Kompetensi Guru melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan,” Eduvis, vol. 7, no. 1, pp. 84–96, 2022.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-08-26

Cara Mengutip

Angriani, P., Alviawati, E., Hastuti, K. P., Aristin, N. F., Arisanty, D., Adyatma, S., Muhaimin, M., & Nur Saputra, A. (2025). Meningkatkan Kreativitas Guru Geografi di Kota Banjarmasin dalam Merancang Media Pembelajaran Interaktif Melalui Pelatihan Canva. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(4), 1057-1066. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3836