Penguatan Parenting Untuk Ketahanan Nasional Dan Kewarganegaraan di Desa Matobe, Kepulauan Mentawai
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3522Kata Kunci:
Edukasi Parenting, Ketahanan Nasional, Kewarganegaraan, Peran Orang TuaAbstrak
Pengabdian ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan tentang kurangnya parenting untuk ketahanan nasional dan kewarganegaraan di Desa Matobe, Kecamatan Sikakap, Kepulauan Mentawai. terjadi Fokus utama adalah untuk membangun nilai, keterampilan, dan semangat kewarganegaraan pada generasi mendatang melalui program pelatihan, workshop, dan pendidikan bagi orang tua. Metode yang digunakan mencakup sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan yang dilaksanakan antara September hingga November 2024. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan pemahaman orang tua terkait peran mereka dalam pembangunan nasional serta partisipasi aktif dalam mendukung pembelajaran anak-anak. Survei evaluasi mencatat tingkat kepuasan sebesar 90%, mengindikasikan bahwa program ini berhasil memenuhi kebutuhan para peserta. Luaran yang diharapkan mencakup peningkatan kesadaran orang tua terhadap peran mereka dalam pembangunan serta keterlibatan anak-anak dalam kegiatan sosial dan budaya. Program ini diharapkan mampu menciptakan generasi yang tangguh, kompeten, dan berkontribusi pada pembangunan bangsa.
Unduhan
Referensi
J. W. Santrock, “Life-span development, edisi ketigabelas,” Jakarta: Erlangga, 2012.
A. Kosasih, “History Learning As A Basis Of Character Education: Comparative Analysis According to Perspectives JW Foerster, Thomas Lickona and Erich Fromm,” Sosio e-Kons, vol. 13, no. 1, p. 59, 2021, doi: 10.30998/sosioekons.v13i1.9404.
A. R. Tresna Dewi, “Pengaruh Keterlibatan Orangtua Terhadap Perilaku Sosial Emosinal Anak,” J. Golden Age, vol. 2, no. 02, p. 66, 2018, doi: 10.29408/goldenage.v2i02.1024.
P. P. Sari, Sumardi, and S. Mulyadi, “Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini,” J. PAUD Agapedia, vol. 4, no. 1, pp. 157–170, 2020.
T. Muslimin and A. Fatimah, “Kompetensi dan Kesiapan Guru Sekolah Dasar Terhadap Tantangan Pendidikan di Era Society 5.0,” CJPE Cokroaminoto Juornal Prim. Educ. , vol. 7, no. 1, pp. 55–72, 2024.
Wahyu Nugroho, “Peran Orang Tua dalam Penanaman Nilai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Pasca Pandemic Covid-19,” J. Educ. FKIP UNMA, 2022, doi: 10.31949/educatio.v8i3.2791.
A. Hidayati, “Desain Kurikulum Pendidikan Karakter,” Jakarta: Kencana, 2016.
Y. Z. Ansori, “Strategi Pendidik dalam Menumbuhkan Karakter Jujur pada Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v6i1.1208.
A. K. Tegal et al., “Bahasa Sebagai Kontrol Sosial Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa Dan Benegara,” J. Seni Tari, 2021.
Aji Budiarso, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR,” Educ. J. Sos. Hum. dan Pendidik., 2023, doi: 10.51903/education.v3i1.289.
Y. H. Yoshida, J. B. Rachman, and W. B. Darmawan, “UPAYA INDONESIA DALAM MENGATASI PERNIKAHAN ANAK SEBAGAI IMPLEMENTASI SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) TUJUAN 5 (5.3),” Aliansi J. Polit. Keamanan Dan Hub. Int., vol. 1, no. 3, p. 153, 2023, doi: 10.24198/aliansi.v1i3.44202.
H. L. Damayanti, “Peran Orang Tua Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Di Era Digital,” PAKAR Pendidik., 2022, doi: 10.24036/pakar.v20i1.254.
I. Pebriani, D. Mulyana, and C. Cahyono, “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membina Kedisiplinan Peserta Didik di Era Digital,” Lentera J. Kaji. Bid. Pendidik. dan Pembelajaran, 2023, doi: 10.56393/lentera.v3i2.1738.
I. Artikel, “Seminar Pemberdayan Perempuan Lintas Agama Melalui Pendekatan Moderasi Beragama di Kelurahan Namosain , Kota Kupang,” vol. 6, no. 1, pp. 1114–1121, 2024.
S. Kuppens and E. Ceulemans, “Parenting Styles: A Closer Look at a Well-Known Concept,” J. Child Fam. Stud., 2019, doi: 10.1007/s10826-018-1242-x.
A. P. Putri and J. R. Rong, “Parenting functioning in stunting management: A concept analysis,” J. Public health Res., 2021, doi: 10.4081/jphr.2021.2160.
ulfa Trianingsih, “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Pada Usia Pra Sekolah Di Tk Muliya Kecamatan Krembangan Surabaya,” J. Kesehat., pp. 1–19, 2020.
N. G. Adriana and Z. Zirmansyah, “PENGARUH PENGETAHUAN PARENTING TERHADAP KETERLIBATAN ORANGTUA DI LEMBAGA PAUD,” J. Anak Usia Dini Holistik Integr., 2021, doi: 10.36722/jaudhi.v1i1.565.
M. S. Retnaningtya and P. P. Paramitha, “Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di tk anak ceria,” J. Psikol. Pendidik. dan Perkemb., 2015.
Peraturan Presiden Nomor 71, “Strategi Percepatan Penurunan Angka Stunting,” vol. 7, no. 1, pp. 65–72, 2021.
R. Nopita, W. Yulia, S. Indrasuari, M. A. S. Tanjung, and A. M. Sari, “PARENTING KOLABORATIF , PERAN GURU DAN ORANG TUA MENDUKUNG PERTUMBUHAN ANAK DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ( PAUD ),” vol. 8, no. 10, pp. 29–35, 2024.