Pengenalan Teknologi Kecerdasan Buatan dan IoT untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa SMK Teknik Listrik di Dunia Industri dan Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3521Kata Kunci:
Kecerdasan Buatan, Internet of Things, Teknik Listrik, SMK, Revolusi IndustriAbstrak
Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) dan Internet of Things (IoT) kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Darussalam jurusan Teknik Listrik. Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman siswa mengenai teknologi AI dan IoT yang semakin berkembang dan relevan dengan kebutuhan industri. Sebagai solusi, program ini dirancang untuk meningkatkan literasi teknologi siswa melalui pelatihan yang mencakup pengenalan konsep dasar AI dan IoT, aplikasi praktis di bidang teknik listrik seperti smart grid dan automasi sistem, serta tren perkembangan teknologi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi seminar untuk penyampaian materi, diskusi interaktif guna meningkatkan pemahaman, serta kuis evaluasi untuk mengukur peningkatan pengetahuan siswa. Kegiatan menunjukkan antusiasme tinggi dari siswa serta peningkatan pemahaman mereka terhadap teknologi AI dan IoT, sebagaimana terlihat dari hasil evaluasi kuis yang menunjukkan peningkatan skor secara signifikan. Dampak dari program ini mencakup peningkatan kompetensi siswa dalam memahami dan mengaplikasikan teknologi modern, meningkatkan motivasi mereka untuk mengembangkan ide inovatif, serta membantu sekolah dalam mencetak lulusan yang lebih siap menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0 dan 5.0. Dengan demikian, kegiatan ini berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan vokasi dan kesiapan tenaga kerja di bidang teknik listrik.
Unduhan
Referensi
A. Suparyati, I. Widiastuti, I. N. Saputro, and N. A. Pambudi, “The Role of Artificial Intelligence (AI) in Vocational Education,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan, vol. 17, no. 1, Dec. 2023, doi: 10.20961/jiptek.v17i1.75995.
M. Yahya, P. T. Otomotif, and W. T. Elektro, “PROSIDING SEMINAR NASIONAL Implementasi Artificial Intelligence (AI) di Bidang Pendidikan Kejuruan Pada Era Revolusi Industri 4.0”, [Online]. Available: https://journal.unm.ac.id/index.php/Semnasdies62/index
R. Inteligensi?; Oktavian, R. F. Aldya, and R. F. Arifendi, “Hal 143-150 Cara mengutip,” Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 6, no. 2, pp. 143–150, 2023.
S. Satriyo et al., “PELATIHAN INTERNET OF THINGS UNTUK GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) ALMADANI PONTIANAK,” Jurnal Inovasi & Terapan Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 2, pp. 93–99, Dec. 2024, doi: 10.35721/jitpemas.v4i2.236.
N. Maryanti, D. Apriana, S. Menengah, K. Negeri, and M. Enim, “KOMPETENSI SISWA SMK DALAM MENYONGSONG REVOLUSI INDUSTRI 4.0.”
I. Adhicandra, F. N. Khasanah, M. Muhammadiah, S. Sabri, and C. H. Maharaja, “The Impact of Integrating Internet of Things (IoT) Technology in Learning on Class Management Efficiency,” Journal of Computer Science Advancements, vol. 2, no. 3, pp. 136–157, Jul. 2024, doi: 10.70177/jsca.v2i3.928.
T. Surya Budi et al., “Penggunaan AI untuk Optimasi Penggunaan Energi Listrik di Rumah Tangga,” vol. 3, no.2,.2023.
E. Budihartono, A. Maulana, A. Rakhman, and A. Basit, “PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG TEKNOLOGI IoT MELALUI WORKSHOP TEKNOLOGI IoT,” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), vol. 6, no. 3, p. 1595, Jun. 2022, doi: 10.31764/jmm.v6i3.7519.
M. Yasinta Manuel, M. Aini, T. Putri Agustina, and U. Negeri Manado, “Persepsi dan Sikap Siswa Terhadap Penggunaan Artificial Intelligence Students’ Perceptions And Attitudes Toward The Use Of Artificial Intelligence In Essay Writing And Homework,” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 15, no. 1, 2025, doi: https://doi.org/10.24246/j.js.2025.v15.i1.p47-59
S. Rochanah SMK Negeri, “Pengembangan Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK),” PIJAR, 2021, doi: https://doi.org/10.17509/tmg.v4i2.75443
Q. Khoir, “Smart Classrooms: Mengintegrasikan IoT dan AI untuk Pembelajaran yang Lebih Interaktif dan Terukur,” Andragogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 1–10, Aug. 2024, doi: 10.31538/adrg.v4i1.1301.
S. N. Halizah, “KESENJANGAN KURIKULUM SMK DENGAN KEBUTUHAN INDUSTRI,” ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, vol. 4, no. 2, pp. 227–233, 2024.