Peningkatan Kreativitas Siswa Sman 4 Jember Dalam Pembuatan Film Pendek Melalui Pelatihan Storytelling

Penulis

  • Deddy Suprapto Program Studi Televisi dan Film, Universitas Jember, Indonesia
  • Soekma Yeni Astuti Program Studi Televisi dan Film, Universitas Jember, Indonesia
  • Rara Mustika Ningrum Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Jember, Indonesia
  • Didik Suharijadi Program Studi Televisi dan Film, Universitas Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3516

Kata Kunci:

Etika Digital, Film Pendek, Kreativitas, Pelatihan Siswa, Storytelling

Abstrak

Permasalahan utama yang dihadapi siswa adalah seringnya mereka membuat video tanpa konsep storytelling yang jelas, sehingga menghasilkan konten yang kurang bermakna atau bahkan melanggar privasi. Untuk mengatasi hal ini, pelatihan storytelling dan etika pembuatan konten digital dirancang guna meningkatkan kreativitas dan kesadaran siswa dalam menghasilkan video yang lebih terstruktur dan bertanggung jawab. Pelatihan ini dilaksanakan melalui sesi teori dan praktik, mencakup pembelajaran konsep storytelling, teknik pengembangan ide, dan etika perekaman, dengan evaluasi melalui pre-test dan post-test. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman siswa tentang storytelling sebesar 85%, serta kesadaran yang lebih tinggi akan etika digital. Dampak dari pelatihan ini adalah siswa mampu menghasilkan video dengan konsep yang lebih matang dan terencana, serta lebih berhati-hati dalam membagikan konten di media sosial.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

K. Khairunnisa, “Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Perubahan Perilaku Remaja di Nagari Aia Manggih,” Aceh Anthropological Journal, vol. 7, no. 1, p. 1, Apr. 2023, doi: 10.29103/aaj.v7i1.9294.

H. B. Clayton et al., “Dating Violence, Sexual Violence, and Bullying Victimization Among High School Students — Youth Risk Behavior Survey, United States, 2021,” 2021. [Online]. Available: www.cdc.gov/healthyyouth/data/abes/tables/summary.

G. Wood et al., “Smartphones, social Media and Adolescent mental well-being: the impact of school policies Restricting dayTime use - protocol for a natural experimental observational study using mixed methods at secondary schools in England (SMART Schools Study),” BMJ Open, vol. 13, no. 7, Jul. 2023, doi: 10.1136/bmjopen-2023-075832.

X. Li and M. Zhang, “How digital health technologies promote healthy life in the Post-COVID-19 Era: evidences from national survey on Chinese adolescents and youngsters,” Front Public Health, vol. 11, 2023, doi: 10.3389/fpubh.2023.1135313.

A. Giovanelli et al., “Supporting Adolescent Engagement with Artificial Intelligence-Driven Digital Health Behavior Change Interventions,” J Med Internet Res, vol. 25, 2023, doi: 10.2196/40306.

I. Yulianawati, *Kardi Nurhadi, and A. D. Mayasari, “Elementary Students Reading Engagement: the Impact of Story-Telling in EFL Reading Comprehension,” Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, vol. 5, no. 1, pp. 159–167, Feb. 2022, doi: 10.24815/jr.v5i1.27726.

S. Komala, “Increasing Students’ Speaking Skill Through Narrative Storytelling At Smp Muhammadiyah 2 Cirebon,” KOMVERSAL, vol. 5, no. 1, pp. 1–24, Feb. 2023, doi: 10.38204/komversal.v5i1.1137.

I. Pratiwi, H. Hendrik, G. Atmadiredja, and B. Utama, Konsentrasi Belajar Siswa SMA dan Penggunaan Gawai, vol. 1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019.

K. Khaerul and M. A. H. R, “Efforts of Islamic Religious Education Teachers in Responding to the Impact of Using Gadgets on Students,” El -Hekam, vol. 8, no. 1, p. 57, Jun. 2023, doi: 10.31958/jeh.v8i1.9417.

M. R. Sihotang, “Juridical Analysis of Criminal Accountability to Distribute Electronic Documents that Contain Decent Violations (Case Study, Decision No. 133/Pid.Sus/2021/PN Jkt.Sel),” Sosioedukasi Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, vol. 12, no. 1, pp. 9–20, Feb. 2023, doi: 10.36526/sosioedukasi.v12i1.2519.

I. Febriyana, A. Eka Pradana, A. Rozak, and J. Susilo, “International Journal of Linguistics, Literature and Translation Exploration of Elementary School Students’ Imagination Through Children’s Stories: Creative Thinking Strategies,” 2024, doi: 10.32996/ijllt.

J. Li, Y. She, F. Liu, C. Yu, X. Wang, and Y. Xu, “Augmented Reality Based Video Shooting Guidance for Novice Users,” Proc ACM Hum Comput Interact, vol. 6, no. MHCI, pp. 1–20, Sep. 2022, doi: 10.1145/3546750.

J. Hamidah, S. Normuliati, and I. Istiqamah, “Pelatihan Kemampuan Mendongeng kepada Guru-Guru PAUD dan TK Makanatut Thalibin Desa Pulantan Kecamatan Aluh-Aluh,” PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 4, no. 1, pp. 10–14, Mar. 2019, doi: 10.33084/pengabdianmu.v4i1.547.

D. R. Pertiwi, “Pendampingan Pengembangan Kemampuan Story Telling Guru Kelompok Bermain Dan Taman Penitipan Anak Aviciena,” KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 2, no. 2, Jun. 2019, doi: 10.28989/kacanegara.v2i2.456.

P. B. Fortinasari, C. W. Anggraeni, and S. Malasari, “Digital Storytelling Sebagai Media Pembelajaran Yang Kreatif Dan Inovatif Di Era New Normal,” vol. 5, no. 1, 2022, doi: 10.36257/apts.vxix.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-04-20

Cara Mengutip

Suprapto, D., Yeni Astuti, S., Mustika Ningrum, R., & Suharijadi, D. (2025). Peningkatan Kreativitas Siswa Sman 4 Jember Dalam Pembuatan Film Pendek Melalui Pelatihan Storytelling. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(2), 423-431. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3516