Peningkatan Kinerja Ruhiyah Jasadiyah Karyawan Pondok Modern Gontor Putri 2 Melalui Metode Psikoterapi Quranic di Ngawi, Jawa Timur

Penulis

  • Cecep Sobar Rochmat Pendidikan Agama islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Moh Yusron Pendidikan Agama islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Cella susanti Pendidikan Agama islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Angelica Silfana Pendidikan Agama islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Irma Lupita Sari Pendidikan Agama islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3491

Kata Kunci:

jasadiyah, PMDG Putri 2, Psikoterapi Quranic, psiko-spiritual

Abstrak

Pendidikan akhir karyawan yang bekerja di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus Putri meliputi lulus SD 30%, lulus SMP 45%, lulus SMA 25%. Krisis pendidikan yang dimiliki oleh karyawan tersebut mengakibatkan krisis spiritual seperti kemampuan membaca Al-Qur’an yang masih tergolong rendah, tingkat setres dan kecemasan karyawan yang mempengaruhi kinerja jasadiyah di lingkungan pekerjaan serta praktik adat kejawen yang tidak sesusai dengan ajaran islam memberikan dampak negatif bagi karyawan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas psikis dan spiritual karyawan melalui tiga kegiatan utama: pengajian Islami, tahsin qira'ah, dan konseling berbasis Islam sehingga kinerja ruhiyah dan jasadiyah karyawan menjadi lebih optimal. Kegiatan ini dilaksanakan guna memberikan keseimbangan antara aspek spiritual dan psikologis, yang dapat mendukung kesejahteraan mental serta meningkatkan kualitas pekerjaan dan kehidupan karyawan. Metode yang diterapkan dalam penelitian yaitu metode psikoterapi quranic dalam membina psiko-spiritual karyawan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya penurunan signifikan dalam tingkat stres karyawan, serta peningkatan kualitas ibadah, mengaji dan tingkat disiplin kedatangan karyawan. Berdasarkan hasil dari daftar kehadiran karyawan selama 3 bulan terakhir, dimulai dari bulan oktober hingga desember, rata-rata kedatangan karyawan mengalami peningkatan serta terdapat 1 karyawan terdapat 1 karyawan dengan pencapaian Program Tahsinu-l-Qiro’ah dengan kategori sangat baik, 7 karyawan dengan kategori baik, serta 3 karyawan dengan kategori sedang. Melalui program ini dapat memberikan dampak positif dala peningkatan kualitas layanan terhadap pekerja dan meningkatkan esensi kemitraan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

H. Hardoyo, “Kurikulum Tersembunyi Pondok Modern Darussalam Gontor,” At-Ta’dib, vol. 4, no. 2, pp. 191–208, 2008.

U. Amelia, “Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan,” Al-Marsus?: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Jun. 2023, doi: 10.30983/al-marsus.v1i1.6415.

A. Kovalenko, “FORMATION OF HEALTHY LIFESTYLE OF STUDENTS BY MEANS OF PHYSICAL TRAINING,” Scientific Journal of Polonia University, vol. 62, no. 1, Art. no. 1, Jul. 2024, doi: 10.23856/6223.

R. Abad- and M. A. Adib, “RAHMAH EL YUNUSIYAH?: KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN RELEVANSINYA DI ABAD-21,” pp. 99–112.

S. S. Jauhari, “Ketimpangan Pendidikan Desa dan Kota Masih Tinggi, Penduduk Desa Didominasi Tamatan SD,” GoodStart. [Online]. Available: https://data.goodstats.id/statistic/ketimpangan-pendidikan-desa-dan-kota-masih-tinggi-penduduk-desa-didominasi-tamatan-sd-raoZg

D. Rusmana 2, N. Amalia Kamal, and M. Yusuf Alamsyah, “Karakteristik Tafsir Madrasi Karya H. Oemar Bakri Dan Penggunaannya Pada Kurikulum Kmi Darussalam Gontor Putri,” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir, vol. 6, no. 1, 2021, doi: 10.15575/al-bayan.v6i1.13999.

W. Apriani, D. D. Syahputri, and S. R. Rahmah, “Implikasi Pendidikan Moral Dan Spiritual Terhadap Pendidikan Di Mis Nurul Arafah,” Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), vol. 3, no. 1, pp. 58–64, 2023, doi: 10.56832/pema.v3i1.324.

A. Ardhiya, R. Audina, and K. L. Ramadani, “Peran Konselor Dalam Mewujudkan Pendidikan Berkualitas Menuju SDGS 2030.,” International Conference on Islamic Guidance and Counseling, vol. 2, pp. 176–187, Sep. 2022.

C. S. Rochmat, A. S. P. Yoranita, and H. A. Putri, “Islamic Boarding School Educational Values in Efforts to Realize Student Life Skills at University of Darussalam Gontor,” International Journal of Educational Qualitative Quantitative Research, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Oct. 2022, doi: 10.58418/ijeqqr.v1i2.18.

L. I. Mufidah, “PENTINGNYA PSIKOTERAPI AGAMA DALAM KEHIDUPAN DI ERA MODERN,” JURNAL LENTERA?: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, vol. 13, no. 2, Art. no. 2, Sep. 2015.

D. K. Kartika, V. Shofiah, and K. Rajab, “Psikoterapi Islam untuk Meningkatkan Kesehatan Mental,” Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, vol. 2, no. 2, Art. no. 2, 2025.

I. Mustofa, “Manajemen Strategi Pemberdayaan Masyarakat: (Evaluasi Program Pengabdian Kepada Masyarakat Tematik Pemberdayaan Umat Stai Darussalam Nganjuk),” INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 5, no. 1, Art. no. 1, 2021.

C. S. Rochmat, P. A. Ayudiyanti, N. A. Ni’mah, C. P. Susanti, R. D. Maulaya, and F. H. Fani, “Internisasi Nilai Pendidikan Spritual Post natal pada Bayi Perspektif Teori Neurosains,” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 8, no. 2, pp. 389–402, 2024, doi: 10.31004/obsesi.v8i2.5437.

D. I. S. Khoirun Nisa, Nancy Mursalati ‘Aini, “Analisis Pembelajaran Alquran Dan Hadist Di Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan?: SEROJA, vol. 3, no. 1, pp. 84–94, 2024.

C. S. Rochmat, A. S. P. Y. Yoranita, M. Prihatini, and B. A. Wibawa, “The Quality of Education from Islamic Perspective Analysis of The Merdeka Belajar Curriculum in Facing The Society 5.0 Era,” Jurnal Tarbiyatuna, vol. 14, no. 1, pp. 75–93, 2023, doi: 10.31603/tarbiyatuna.v14i1.8633.

A. R. El-fani, C. S. Rochmat, and N. S. Alamin, “AL-AFKAR?: Journal for Islamic Studies The Concept o f Allah ’ s Help in the Qur ’ an Towards the Sociology of Life,” vol. 7, no. 4, pp. 761–772, 2024, doi: 10.31943/afkarjournal.v7i4.1313.Abstract.

I. Suliaman, “Psikoterapi Nabawi Sebagai Rawatan Komplimentari Kejiwaan Dalam Menangani Isu Kesihatan Mental,” Islamiyyat, vol. 45, no. 1, pp. 195–213, 2023, doi: 10.17576/islamiyyat-2023-4501-17.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-04-20

Cara Mengutip

Rochmat, C. S., Yusron, M., susanti, C., Silfana, A. ., & Lupita Sari, I. (2025). Peningkatan Kinerja Ruhiyah Jasadiyah Karyawan Pondok Modern Gontor Putri 2 Melalui Metode Psikoterapi Quranic di Ngawi, Jawa Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(2), 381-391. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3491