Pendampingan Pengelolaan Laboratorium Sains untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dan Santri di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, Probolinggo, Jawa Timur

Penulis

  • Ainun Nikmah Departemen Fisika, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • ST. Ulfawanti Intan Subadra Departemen Fisika, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Agung Witjoro Departemen Biologi, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Hendra Susanto Departemen Biologi, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Hadi Suwono Departemen Biologi, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Muslihati Departemen Bimbingan Konseling, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Ahmad Taufiq Departemen Fisika, Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3422

Kata Kunci:

Kurikulum, Laboratorium Sains, Pendampingan, Pondok Pesantren

Abstrak

Baru-baru ini, Kementerian Agama telah merancang kurikulum berbasis riset untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di sekolah-sekolah berbasis keagamaan termasuk pesantren. Namun, dalam implmentasinya banyak pesantren yang mengalami kendala terutama terkait dengan keterbatasan sarana laboratorium sains dan minimnya keterampilan tenaga pendidik dalam pengelolannya. Berdasarkan hasil observasi awal di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong menunjukkan bahwa 70% guru belum memiliki pelatihan formal dalam pengelolaan laboratorium, dan hanya 40% dari peralatan laboratorium yang tersedia dalam kondisi layak pakai. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tim pengabdian Universitas Negeri Malang melakukan pendampingan pengelolaan laboratorium sains dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan tenaga pendidik serta mendukung tersedianya sarana laboratorium yang memadai. Kegiatan ini terdiri dari tiga tahapan utama, yaitu analisis situasi awal, pelaksanaan pengabdian, serta evaluasi dan monitoring. Adapun pelaksanaan program terdiri dari pemberian materi terkait dengan trik penulisan karya tulis ilmiah kepada santri kelas XI dan XII, penyerahan enam alat praktikum baru yang meliputi Elastisitas Hukum Hooke, Resonator, Fluida Hidrostatis, Hukum Archimedes, Hukum Pascal, dan Hukum Ohm, dan praktik penggunaannya. Sesi ketiga dilanjutkan dengan penyusunan modul prakitkum oleh tenaga pendidik. Evaluasi keberhasilan dilakukan melalui pre-test dan post-test, serta survei kepuasan peserta. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta terkait pengelolaan laboratorium dan penelitian ilmiah yang ditandai dengan adanya peningkatan score post-test. Hasil survei juga menunjukkan bahwa 80% peserta merasa sangat puas dengan kegiatan ini karena metode penyampaian yang efektif dan materi yang relevan. Program ini memberikan dampak positif bagi mitra dengan meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dalam mengelola laboratorium serta menyediakan sarana yang lebih memadai untuk pembelajaran berbasis eksperimen

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

E. R. Ningsih and Zulfitria, “Pengaruh Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran,” Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, vol. 2, no. 5, Art. no. 5, Jun. 2024, doi: 10.572349/cendikia.v2i5.1644.

E. Sundari, “Transformasi Pembelajaran Di Era Digital: Mengintegrasikan Teknologi Dalam Pendidikan Modern,” Sindoro: Cendikia Pendidikan, vol. 4, no. 5, Art. no. 5, May 2024, doi: 10.9644/sindoro.v4i5.3325.

S. U. Khoiriah, L. K. L. U. Lubis, and D. K. N. Anas, “Analisis Perkembangan Sistem Manajemen Pendidikan di Era Society 5.0,” JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, vol. 2, no. 2, Art. no. 2, Jun. 2023, doi: 10.56910/jispendiora.v2i2.650.

R. Kompasiana.com, “Pengembangan Kurikulum Madrasah atau Sekolah Unggulan,” KOMPASIANA. Accessed: Feb. 01, 2025. [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/doerak6087/5eb62d59d541df06b5333942/pengembangan-kurikulum-madrasah-sekolah-unggulan

Wandi, “InfoPublik - Kemenag Kembangkan Madrasah Berbasis Riset.” Accessed: Feb. 01, 2025. [Online]. Available: https://infopublik.id/kategori/nasional-sosial-budaya/486048/kemenag-kembangkan-madrasah-berbasis-riset

A. Akromusyuhada, “Penerapan Konsep Arsitektur Islam Pada Sarana Dan Prasarana Pendidikan: Tinjauan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sd/Mi, Smp/Mts, Dan Sma/Ma,” Jurnal Tahdzibi?: Manajemen Pendidikan Islam, vol. 4, no. 1, Art. no. 1, May 2019, doi: 10.24853/tahdzibi.4.1.41-48.

N. Nulngafan and A. Khoiri, “Analisis Kesiapan dan Evaluasi Pengelolaan Laboratorium IPA Berbasis Teknologi di Era Revolusi Industri 4.0,” Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, vol. 8, no. 1, pp. 10–17, 2021.

W. Y. Lestari, H. K. Surtikanti, T. Rahman, and R. Riandi, “Analisis Ketersediaan dan Standarisasi Sarana Prasarana Laboratorium IPA dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMP,” jpm, vol. 15, no. 1, pp. 194–203, Mar. 2025, doi: 10.37630/jpm.v15i1.2471.

M. L. Dewi, A. S. Budi, and E. Budi, “Pengembangan Modul Praktikum Fisika Berbasis Data Logger untuk SMA,” in Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF, 2015, pp. 169–172.

N. E. Awitaningsih and B. Supriadi, “Studi Pemanfaatan Peralatan Laboratorium Fisika Dalam Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Kelas X Dan Xi Di Sma Negeri Kabupaten Banyuwangi Wilayah Selatan-Barat”.

S. D. Aprilia, S. N. Wulandari, K. D. Agustina, and N. F. Sulaeman, “Mengeksplorasi Dampak Ketersediaan Peralatan pada Pelaksanaan Praktikum Fisika di Laboratorium SMA,” Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), vol. 5, no. 1, pp. 49–58, 2024.

S. Susilo and G. Amirullah, “Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur,” JS, vol. 7, no. 1, Art. no. 1, Apr. 2018, doi: 10.29405/solma.v7i1.2380.

P. Kartikasari, N. Ilmiyati, and A. Maladona, “Analisis Pengelolaan Laboratorium Ipa Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Ipa Di Smp Negeri 1 Banjar,” J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), vol. 2, no. 3, Art. no. 3, Oct. 2021, doi: 10.25157/j-kip.v2i3.6300.

D. Harefa et al., “Pemanfaatan Laboratorium IPA di SMA Negeri 1 Lahusa,” EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, vol. 5, no. 2, pp. 105–122, 2021.

A. Hidayat, A. Taufiq, N. Mufti, M. Munzil, M. Basri, and L. R. Herawati, “Pelatihan Kompetensi Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh,” Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, vol. 6, no. 3, Art. no. 3, Sep. 2024, doi: 10.24036/abdi.v6i3.861.

I. G. N. S. Wijaya, K. G. O. Ciptahadi, N. P. M. Ayuningsih, I. G. D. Yasa, and N. K. E. P. Adnyani, “PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA BAGI GURU SDN TULANGAMPIANG DENPASAR DI MASA PANDEMI COVID-19,” integritas, vol. 5, no. 2, p. 248, Nov. 2021, doi: 10.36841/integritas.v5i2.1143.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-27

Cara Mengutip

Nikmah, A., Subadra, S. U. I., Witjoro, A., Susanto, H., Suwono, H., Muslihati, M., & Taufiq, A. . (2025). Pendampingan Pengelolaan Laboratorium Sains untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dan Santri di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, Probolinggo, Jawa Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(3), 489-496. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3422