Edukasi Gizi Konsumsi Sayur dan Buah Untuk Pencegahan Obesitas Remaja Kelurahan Pedurungan Tengah Semarang
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3421Kata Kunci:
sayur, buah, obesitas, remajaAbstrak
Konsumsi 5 porsi sayur dan buah menjadi salah satu rekomendasi penerapan gizi seimbang sebagai upaya pencegahan penyakit tidak menular dan risiko obesitas. Sayangnya, hanya 2,5% remaja Indonesia konsumsi 5 porsi sayur dan buah setiap hari. Hanya 30% remaja Kelurahan Pedurungan Tengah yang mengonsumsi sayur dan buah setiap hari dan cenderung memilih makanan cepat saji. Upaya pencegahan obesitas melalui edukasi gizi pada remaja menjadi salah satu alternatif metode pencegahan risiko penyakit tidak menular sejak dini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kebiasaan konsumsi sayur dan buah sebagai pencegahan obesitas remaja melalui kegiatan edukasi gizi dan pendampingan penerapan konsumsi sayur dan buah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan pendekatan edukasi, demonstrasi dan praktik isi piring. Peserta kegiatan sejumlah 24 orang remaja yang didampingi oleh kader kesehatan di wilayah Kelurahan Pedurungan Tengah Kota Semarang. Hasil evaluasi pemahaman menunjukkan hasil yang sangat memuaskan sebesar 92% memiliki pengetahuan baik tentang konsumsi sayur dan buah. Hasil monitoring dan evaluasi menunjukkan bahwa seluruh peserta dapat mendemonstrasikan model isi piring makan harian. Edukasi ini dapat meningkatkan pengetahuan dan penerapan porsi konsumsi sayur dan buah. Program edukasi gizi ini sangat penting untuk mendukung kebiasaan pola makan seimbang sebagai upaya pencegahan obesitas.
Unduhan
Referensi
M. Zalewska, M. Zakrzewska, M. Zakrzewski, and E. Maciorkowska, “The consumption of vegetables and fruits by teenagers and their nutritional status,” Med. Ogólna i Nauk. o Zdrowiu, vol. 27, no. 1, pp. 60–64, 2021, doi: 10.26444/monz/133463.
L. Kakinami, S. A. Houle-Johnson, Z. Demissie, S. Santosa, and J. E. Fulton, “Meeting fruit and vegetable consumption and physical activity recommendations among adolescents intending to lose weight,” Prev. Med. Reports, vol. 13, no. October 2018, pp. 11–15, 2019, doi: 10.1016/j.pmedr.2018.10.021.
K. D. Tambalis, D. B. Panagiotakos, and L. S. Sidossis, “Increased fruit consumption was favorably associated with dietary habits, obesity, sedentary time, and physical fitness among Greek children and adolescents,” J. Public Heal. Emerg., vol. 8, pp. 0–2, 2024, doi: 10.21037/jphe-24-1.
N. R. Heratama, Kusnandar, and Suminah, “Relationship between Vegetables and Fruit Consumption Habits, Nutrition Intake, Physical Activity, and Family Support with Adolescent Nutritional Status,” Int. J. Sci. Soc., vol. 3, no. 3, pp. 338–347, 2021, doi: 10.54783/ijsoc.v3i3.376.
W. Zeidan, H. Taweel, A. Shalash, and A. Husseini, “Consumption of fruits and vegetables among adolescents in Arab Countries: a systematic review,” Int. J. Behav. Nutr. Phys. Act., vol. 20, no. 1, pp. 1–11, 2023, doi: 10.1186/s12966-022-01398-7.
Kemenkes, “Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 41 Tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang,” 2014 doi: 10.1192/bjp.205.1.76a.
BKPK, Survei Kesehatan Indonesia (SKI) Dalam Angka Dalam Angka, vol. 01. 2023.
M. Jaelani, M. D. Larasati, Yuniarti, and W. Wijaningsih, “Consumption of 5 Servings of Fruit and Vegetable and Lipid Profile Improvement on Overweight Adolescents: a Randomized Control Trial,” in 5th International Conference on Health Sciences (ICHS 2018), 2018, pp. 196–204. doi: 10.2991/ichs-18.2019.24.
F. Folkvord, B. Naderer, A. Coates, and E. Boyland, “Promoting fruit and vegetable consumption for childhood obesity prevention,” Nutrients, vol. 14, no. 1, pp. 1–13, 2022, doi: 10.3390/nu14010157.
E. Nury et al., “Effects of nutritional intervention strategies in the primary prevention of overweight and obesity in school settings: systematic review and network meta-analysis,” BMJ Med., vol. 1, no. 1, p. e000346, 2022, doi: 10.1136/bmjmed-2022-000346.
K. Iriyani, F. Anwar, L. Kustiyah, and H. Riyadi, “The Impact of Nutrition Education and Physical Activity on Changes in Nutritional Status in Adolescents Overweight and Obesity,” Teikyo Med. J., vol. 45, no. 02, pp. 5651–5662, 2022, [Online]. Available: https://www.teikyomedicaljournal.com/article/the-impact-of-nutrition-education-and-physical-activity-on-changes-in-nutritional-status-in-adolescents-overweight-and-obesity
F. A. Sari, “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Sistem Pembelajaran,” J. Pendidik. dan Teknol. Pembelajaran, vol. 2, no. 2, pp. 414–421, 2024.
J. Junaidi, “Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar,” Diklat Rev. J. Manaj. Pendidik. dan Pelatih., vol. 3, no. 1, pp. 45–56, 2019, doi: 10.35446/diklatreview.v3i1.349.
Kemenkes, Panduan Pelaksanaan Gerakan Nusantara Tekan Angka Obesitas (GENTAS). Jakarta: P2PTM Kemenkes, 2017. [Online]. Available: http://p2ptm.kemkes.go.id/uploads/N2VaaXIxZGZwWFpEL1VlRFdQQ3ZRZz09/2017/11/Pedoman_Umum_Gentas_Gerakan_berantas_obesitas.pdf
A. Nugroho, “Piring model T meningkatkan pengetahuan terkait obesitas pada remaja,” Darussalam Nutr. J., vol. 5, no. 2, pp. 148–154, 2021, doi: https://doi.org/10.21111/dnj.v5i2.6863.
T. H. Aulia Angelina Muhtarini Cahyaningtyas, “Penerapan Piring Makan Model T dan Edukasi Aktivitas Fisik pada Keluarga dengan Remaja Obesitas,” Nurs. Sci. J., vol. 4, no. 1, pp. 58–66, 2023, doi: https://doi.org/10.53510/nsj.v4i1.185.