Penguatan Kompetensi Guru TK ABA dalam Penyusunan Rapor Integratif Melalui Lokakarya di Kabupaten Jember

Penulis

  • Fitri Amilia Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhamamadiyah Jember, Indonesia
  • Anam Fadlillah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhamamdiyah Jember, Indonesia
  • Angraeny Unedia Rachman Program Studi Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhamamdiyah Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3405

Kata Kunci:

guru, hasil belajar, integratif, kompetensi, rapor

Abstrak

Kegiatan ini didasari analisis kebutuhan guru TK ABA dalam pelaporan hasil belajar dan perkembangan peserta diri. Untuk memberikan layanan pengabdian pada guru, kegiatan ini dilakukan dalam bentuk lokakarya. Materi kegiatan merupakan produk hasil penelitian pengembangan rapor integratif untuk TK ABA. Penggunaan rapor integratif dalam pelaporan hasil belajar menunjukkan kompetensi guru. Kompetensi yang dimaksud adalah pemenuhan kemampuan dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan hasil pembelajaran. Rapor integratif akan menjadi media dalam penyusunan rapor hasil belajar. Rapor integratif memuat hasil belajar intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5), dan pencapaian Alislam dan kemuhamamdiyahan. Kegiatan dilakukan dengan metode lokakarya dan pendampingan. Lokakasya dilakukan dengan memberikan penjelasan penggunaan rapor integratif. Setelah penjelasan, semua peserta mempraktikkan penggunaannya. Untuk menyusun rapor integratif secara riil, pelaksana memberikan pendampingan untuk kesulitan dan kendala Teknik guru. Berdasarkan kegiatan, guru TK ABA memberikan respon sangat baik atas kegiatan pengabdian masyarakat ini. Beberapa respon adalah 1) rapor integratif sangat sesuai dengan kebutuhan mereka, 2) rapor integratif yang tersistem menunjukkan kualitas pembelajaran di sekolah, 3) rapor integratif dapat meningkatkan kompetensi guru dalam proses pelaporan hasil belajar. Sebagai dampak kegiatan, rapor integratif ini akan digunakan di seluruh TK ABA di Jember. Para peserta lokakarya sebesar 85% merekomendasikan rapor integratif TK ABA untuk disebarluaskan ke seluruh TK ABA, tidak terbatas hanya di Jember. Berdasarkan hasil kegiatan, rapor integratif ini bermanfaat dalam peningkatan kompetensi guru dan meningkatkan kualitas layanan sekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

F. Amilia, Nurkamilah, and A. U. Rachman, “Developing Electronic School Report (E-Rapor) for Strengthening the Profile of Pancasila Students,” Jurnal Paedagogy: Jurnal penelitian dan Pengembangan Pendidikan, vol. 11, no. 4, pp. 659–671, 2024, doi: https://doi.org/10.33394/jp.v11i4.11671.

P. P. Aisyiyah, “Pendidikan PAUD, Dasar, dan Menengah ’Aisyiyah,” 165/SK-PPA/A/XII/2013, 2013

M. Hayati, “Sosialisasi perkaderan muhammadiyah melalui pembelajaran al islam dan kemuhaamdiyahan di TK Aisyiyah Bustanul Atfal Mataram,” Jurnal Pengabdian Mandiri, vol. 2, no. 10, pp. 1–10, 2023.

dan A. P. Badan Standar, Kurikulum, “Surat Edaran Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka Secara Mandiri Tahun Ajaran 2023/2024,” 0574/H.H3/SK.02.01/2023, 2023

dan A. P. B. S. Kurikulum, “Capaian Pembelajaran Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka,” 032/H/KR/2024, 2024

Musyarofah, “Pengembangan aspek sosial anak usia dini di Taman kanak-Kanak ABA IV Mangli Jember,” Inject: Interdisciplenary Journal of Communication, vol. 2, no. 1, pp. 99–122, 2017.

A. N. Phafiandita, A. Permadani, A. S. Pradani, and M. I. Wahyudi, “Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas,” JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, vol. 3, no. 3, pp. 111–121, 2022, doi: https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262.

R. Febriana, Kompetensi Guru. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2019.

H. M. Nur and N. Fatonah, “Paradigma Kompetensi Guru,” Jurnal PGSD Uniga, vol. 1, no. 1, pp. 12–16, 2022.

L. Cañadas, “Contribution of formative assessment for developing teaching competences in teacher education,” European Journal of Teacher Education, vol. 46, no. 3, pp. 516–532, May 2023, doi: 10.1080/02619768.2021.1950684.

A. Rosyada, P. Syahada, and C. Chanifudin, “Kurikulum Merdeka: Dampak Peningkatan Beban Administrasi Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran,” Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), vol. 4, no. 2, pp. 238–244, Aug. 2024, doi: 10.54371/jiepp.v4i2.491.

N. Kanya, A. B. Fathoni, and Z. Ramdani, “Factors affecting teacher performance,” International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), vol. 10, no. 4, p. 1462, Dec. 2021, doi: 10.11591/ijere.v10i4.21693.

K. Indajang, Sherly, F. Halim, and A. Sudirman, “The Effectiveness of Teacher Performance in Terms of the Aspects of Principal Leadership, Organizational Culture, and Teacher Competence,” 2021. doi: 10.2991/assehr.k.210615.078.

H. Ibda, I. Syamsi, and R. Rukiyati, “Professional elementary teachers in the digital era: A systematic literature review,” International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), vol. 12, no. 1, p. 459, Mar. 2023, doi: 10.11591/ijere.v12i1.23565.

E. Skantz-Åberg, A. Lantz-Andersson, M. Lundin, and P. Williams, “Teachers’ professional digital competence: an overview of conceptualisations in the literature,” Cogent Education, vol. 9, no. 1, Dec. 2022, doi: 10.1080/2331186X.2022.2063224.

D. Damayanti, R. Yudiantara, and M. G. Anâ€TMars, “Sistem Penilaian Rapor Peserta Didik Berbasis Web Secara Multiuser,” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 4, pp. 447–453, 2022, doi: 10.33365/jatika.v2i4.1512.

J. Miftachul and Mudjito, “Manajemen Program Penilaian Hasil Belajar Berbasis E-Rapor di SMA Negeri 3 Sidoarjo,” Insipirasi Manajemen Pendidikan, vol. 7, no. 1, p. 4, 2019.

I. A. Nanda, I. Arwani, and H. Farisi, “Pengembangan Aplikasi Pelaporan Nilai Akademik dan Kompetensi Peserta Didik berbasis Website (Studi Kasus: SD Islam Riyadlul Mubtadiin Turen),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 4, pp. 1961–1968, 2023, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12628.

N. Fajrin and I. Machali, “Implementasi Penggunaan Rapor Digital Madrasah (Rdm) Berbasis Online Dalam Menyusun Administrasi Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik,” Idaarah J. Manaj. Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 177–189, 2023, doi: 10.24252/idaarah.v7i1.36050.

Y. Yunita and Y. Afrianto, “Penginputan Nilai Berbasis Aplikasi E-Rapot Di Sma Kader Pembangunan,” Inova-Tif, vol. 4, no. 1, p. 14, 2021, doi: 10.32832/inova-tif.v4i1.5476.

R. L. Hikmah, A. Ramdani, and A. Asrin, “Manajemen Program E-Rapor di SMA Negeri 7 Mataram,” J. Ilm. Mandala Educ., vol. 7, no. 3, pp. 567–571, 2021, doi: 10.58258/jime.v7i3.2315.

D. Nuryani and Ita Handayani, “Kompetensi guru di era 4.0 dalam meningkatkan mutu pendidikan,” in Seminar Nasional Pendidikan, Palembang: Universitas PGRI Palembang, 2020. [Online]. Available: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3805

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-04-20

Cara Mengutip

Amilia, F., Fadlillah, A. ., & Unedia Rachman, A. (2025). Penguatan Kompetensi Guru TK ABA dalam Penyusunan Rapor Integratif Melalui Lokakarya di Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(2), 345-354. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3405