Bimbingan Teknis Pencegahan Kekerasan Berbasis Gender Online Bagi Anak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3404Kata Kunci:
era digital, kekerasan berbasis gender online, KBGO, perlindungan anakAbstrak
Era digital membawa dampak positif dan negatif, termasuk meningkatnya Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) yang mempengaruhi anak-anak sebagai kelompok rentan. Pengetahuan tentang KBGO bagi guru-guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan siswa-siswa termasuk pendampingan bagi korban sangatlah diperlukan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan bimbingan teknis bagi guru-guru, dan staff sekolah ramah anak, serta orang tua, dan siswa-siswa SD, SMP, SMA sederajat untuk mencegah dan mengurangi dampak KBGO di Kabupaten Sleman. Kegiatan ini melibatkan 180 peserta dari berbagai latar belakang, termasuk guru-guru, staff, orang tua, siswa-siswa, dan narasumber dari beberapa lembaga terkait. Metode penyampaian materi melalui ceramah dan permainan, serta melakukan evaluasi melalui pre-test dan post-test untuk menilai peningkatan pemahaman peserta. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman peserta dari skor rata-rata 46% menjadi 85%, mencerminkan efektivitas pendekatan yang digunakan. Peserta mengapresiasi materi terkait perlindungan data pribadi dan pengenalan ancaman di media sosial sebagai langkah preventif yang aplikatif. Kendala yang dihadapi mencakup literasi digital yang rendah dan keterbatasan infrastruktur, yang memerlukan perhatian lebih pada program serupa di masa depan. Dengan kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan, keluarga, dan masyarakat, diharapkan ekosistem digital yang aman bagi anak-anak dapat terwujud.
Unduhan
Referensi
H. K. Azzaakiyyah, “The Impact of Social Media Use on Social Interaction in Contemporary Society,” Technology and Society Perspectives (TACIT), vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2023.
B. Faith, “Tackling online gender-based violence; understanding gender, development, and the power relations of digital spaces,” Gend Technol Dev, vol. 26, no. 3, pp. 325–340, 2022.
E. Ratnasari, S. Sumartias, and R. Romli, “Social media, digital activism, and online gender-based violence in Indonesia,” Nyimak: Journal of Communication, vol. 5, no. 1, pp. 97–116, 2021.
A. Mauliya and T. R. Noor, “Cyber Safety dalam Merespon Kekerasan Berbasis Gender Online di Masa Pandemi Covid-19,” Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial Dan Budaya, vol. 3, no. 2, pp. 82–98, 2022.
S. Wang and S. Kim, “Users’ emotional and behavioral responses to deepfake videos of K-pop idols,” Comput Human Behav, vol. 134, p. 107305, 2022.
S. S. Zotti, “Online Violence: a gender-based phenomenon,” Università Ca' Foscari Venezia, Thesis Master, 2023. http://hdl.handle.net/10579/23416
A. A. Permatasari, “Cyberbullying Sebagai Kekerasan Berbasis Gender Online: Dampak Terhadap Remaja Serta Peran Keluarga,” Jurnal Wanita Dan Keluarga, vol. 3, no. 1, pp. 1–15, 2022.
I. Cuadrado-Gordillo and G. Martín-Mora-Parra, “Influence of cross-cultural factors about sexism, perception of severity, victimization, and gender violence in adolescent dating relationships,” Int J Environ Res Public Health, vol. 19, no. 16, p. 10356, 2022.
G. Schiavo, E. Roumelioti, G. Deppieri, and A. Marconi, “Gamification Strategies for Child Protection: Best Practices for Applying Digital Gamification in Child Sexual Abuse Prevention,” in Proceedings of the 23rd Annual ACM Interaction Design and Children Conference, 2024, pp. 282–289.
N. Nursyafia, M. Amirulloh, and H. N. Muchtar, “Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) dalam Game Online Menurut Hukum di Indonesia Serta Perbandingan dengan Negara Lain,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 1, pp. 2045–2056, 2023.
A. R. Hakim, A. Imron, A. Suprijono, and M. Marzuqi, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Tumpeng Nasional terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII,” Dialektika Pendidikan IPS, pp. 25–35, 2023.
T. M. Siregar, B. M. G. Siahaan, T. N. Enjelika, M. E. Simbolon, and R. M. Siringo-ringo, “Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-test pada Mata Pelajaran Matematika dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran di SMA Swasta Cahaya Medan,” ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, vol. 3, no. 1, pp. 396–401, 2023.
I. Magdalena, M. N. Annisa, G. Ragin, and A. R. Ishaq, “Analisis penggunaan teknik pre-test dan post-test pada mata pelajaran matematika dalam keberhasilan evaluasi pembelajaran di sdn bojong 04,” Nusantara, vol. 3, no. 2, pp. 150–165, 2021.