Pelatihan Analisis Problematika Pengembangan Materi pada Buku Kurikulum Merdeka Di SDI Keka Rejo
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3237Kata Kunci:
Analisis Buku, Kurikulum Merdeka, SDI Keka RejoAbstrak
Permasalahan umum terjadi yakni isi materi pada buku kelas 1 belum sesuai dengan konteks siswa di masing-masing satuan Pendidikan. PKM ini bertujuan agar mitra memiliki kemampuan dalam melakukan analisis buku-buku kurikulum merdeka dan mendesain materi berdasarkan hasil analisis buku kelas 1. Metode: pelatihan analisis buku kurikulum merdeka kelas 1 bagi guru-guru di SDI Keka Rejo. Hasil PKM ini diantaranya (1) guru-guru mampu melakukan analisis permasalah pengembangan materi pada buku-buku kurikulum merdeka pada kelas 1 sekolah dasar. (2) Guru-guru mampu mendesain materi yang relevan dengan keadaan siswa berdasarkan hasil analisis. Dampak dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yakni guru-guru mampu menemukan permasalahan dan mengembangkan materi sesuai dengan konteks siswa di SDI Keka Rejo.
Unduhan
Referensi
M. F. Khusni, M. Munadi, and A. Matin, “Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo,” Jurnal Kependidikan Islam, vol. 12, no. 1, pp. 60–71, Feb. 2022, doi: 10.15642/jkpi.2022.12.1.60-71.
Y. Indarta, N. Jalinus, W. Waskito, A. D. Samala, A. R. Riyanda, and N. H. Adi, “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0,” EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, vol. 4, no. 2, pp. 3011–3024, Mar. 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i2.2589.
A. Z. Izza, M. Falah, and S. Susilawati, “Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan DI Era Merdeka Belajar,” in Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pakalongan, 2020. [Online]. Available: https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip
W. Noventari, “Konsepsi Merdeka Belajar dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara,” Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan, vol. 15, no. 1, 2020, doi: https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44902.
D. Yuzianah, P. B. Darmono, Supriyono, and H. Kurniawan, “Penerapan P5 Pada Kurikulum Merdeka Pada Jenjang SD,” Jaroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 2, p. 2023, 2023, doi: 10.52266/Journal.
R. Yuliana, “Pembelajaran Membaca Permulaan Dalam Tinjauan Teori Artikulasi Penyerta,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 2017. Accessed: Jul. 07, 2024. [Online]. Available: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/download/343-350/1728
R. Z. Nurani, F. Nugraha, and H. H. Mahendra, “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 3, pp. 1462–1470, May 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i3.907.
L. Wicaksono, “Bahasa Dalam Komunikasi Pembelajaran,” Jurnal Pembelajaran Prospektif, vol. 1, no. 2, pp. 9–19, 2016, doi: 10.26418/jpp.v1i2.19211.
Dahliani, I. Soemarno, and P. Serijanti, “Local Wisdom In Built Environment In Globalization Era,” International Journal of Education and Research, vol. 3, no. 6, 2015, Accessed: Jul. 08, 2024. [Online]. Available: https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/12549
W. Wuryandani, B. Maftuh, Sapriya, and D. Budimansyah, “Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar,” Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar, vol. 13, no. 2, 2014, doi: 10.21831/cp.v2i2.2168.
Y. Ernawati, “Telaah Buku Teks Tematik Terpadu Kelas IV SD Kurikulum 2013,” Jurnal Ilmiah Bina Edukasia, vol. 11, no. 2, 2018, doi: 10.33557/jedukasi.v11i2.223.
A. W. Purnanto and A. Mustadi, “Analisis Kelayakan Bahasa Dalam Buku Teks Tema 1 Kelas I Sekolah Dasar Kurikulum 2013,” Profesi Pendidikan Dasar, vol. 3, no. 2, pp. 102–111, 2016, doi: 10.23917/ppd.v3i2.2773 LicenseC.
aenor Rofek and Entantri, “Analisis Nilai-Nilai Karakter pada Kalimat Petunjuk Kerja Operasional Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas V Tahun Pelajaran 2017/2018,” Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD Unars, vol. 12, no. 2, 2022, doi: 10.36841/pgsdunars.v12i2.2610.
W. R. A. Bin Hady and A. S. T. Abdulsafi, “How Can I Prepare an Ideal Lesson-Plan?,” International Journal of English and Education, vol. 7, no. 4, Aug. 2018, doi: 10.2139/ssrn.3434031.
L. Minarsih and M. I. Damayanti, “Efektivitas Penggunaan Media Gambar Berseri Dalam Pembelajaran Menulis Teks Petunjuk Di Kelas III SDN Babatan 1 Surabaya,” JPGSD, vol. 06, no. 12, pp. 2276–2285, 2018, Accessed: Jul. 07, 2024. [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/230636241.pdf
Y. Susilowati, “Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Menulis Petunjuk Bagi Siswa Kelas VIII B SMP Negeri Satu Atap 3 Sambirejo,” LOA: Ketatabahasana dan kesusastraan, vol. 9, no. 1, p. 24, 2014, doi: 10.26499/loa.v9i1.2063.
T. Sulaiman, V. Muniyan, D. Madhvan, R. Hasan, and S. S. A. R. Rahim, “Implementation of Higher Order Thinking Skills in Teaching Of Science: A Case Study in Malaysia,” International Research Journal of Education and Sciences (IRJES) , vol. 1, no. 1, 2017, Accessed: Jul. 08, 2024. [Online]. Available: https://www.masree.info/wp-content/uploads/2019/11/
N. P. Anggraini, Budiyono, and H. Pratiwi, “Analysis of higher order thinking skills students at junior high school in Surakarta,” J Phys Conf Ser, vol. 1211, no. 1, May 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1211/1/012077.
F. Fadliyah, I. K. Widiada, and M. Syazali, “Identifikasi Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran IPA,” Jurnal Educatio , vol. 9, no. 4, pp. 1931–1939, Oct. 2023, doi: 10.31949/educatio.v9i4.5762.