Pengembangan Eduwisata Berbasis Website untuk Peningkatan Pariwisata di Desa Sokong, Nusa Tenggara Barat

Penulis

  • Tomi Tri Sujaka Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Bumigora, Indonesia
  • Ni Wayan Putu Meikapasa Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Teknik, Universitas Bumigora, Indonesia
  • Stevany Hanalyna Dethan Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bumigora, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3192

Kata Kunci:

Eduwisata, Promosi, Website

Abstrak

Keterbatasan media promosi menjadi kendala untuk pengembangan eduwisata di Desa Sokong. Jangkauan promosi pariwisata terbatas pada ruang lingkup wilayah sekitar Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Teknologi informasi terutama website dapat menjadi solusi media promosi yang efektif. Oleh karena itu, pengembangan sistem informasi berbasis website untuk mempromosikan potensi eduwisata Desa Sokong menjadi penting untuk dilakukan. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini yaitu pengumpulan data, pengembangan system informasi dan pelatihan pengelolaan website. Hasil kegiatan pengabdian yaitu terbentuknya website Desa Sokong yang memudahkan wisatawan untuk mendapatkan informasi mengenai destinasi eduwisata di Desa Sokong. Pelatihan pengelolaan website membantu peserta kegiatan untuk memahami pentingnya website dalam mempromosikan eduwisata. Hasil pre-test dan post-test secara keseluruhan menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta.  Peningkatan tertinggi yaitu cara login logout dan terendah adalah pada monitoring website. Kegiatan pengabdian ini juga memberikan dampak positif terhadap keberhasilan jangkauan promosi. Pada tahap awal pembuatan website jumlah kunjungan laman hanya 2 kunjungan, pada 1 bulan evaluasi jumlah kunjungan website 359 kunjungan, dan ada 2 bulan evaluasi jumlah kunjungan website 711 kunjungan. Secara keseluruhan kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap penpengembangan eduwisata di Desa Sokong dengan memanfaatkan promosi melalui website.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Localisesdgs.org, “Profil Daerah Nusa Tenggara Barat,” Localisesdgs.Org.

A. Yuniarman, “Identifikasi Potensi Kawasan Desa Sokong Berdasarkan Karakteristik Fisik Dasar dan Fisik Binaan,” Geodika J. Kaji. Ilmu dan Pendidik. Geogr., 2023, doi: 10.29408/geodika.v7i1.12487.

Ismayanti, “Dasar-Dasar Pariwisata,” J. Din. Pendidik., 2020.

S. Sulaimana, P. R. Tahir, and S. N. S. Jamaludinb, “Edutourism As a Social Entrepreneurship Platform: a Reengineered Model,” Researchgate.Net, vol. 1, no. September, 2019.

H. Rosnan and N. C. Abdullah, “Challenges in Upholding Edutourism Initiatives,” Asian J. Behav. Stud., vol. 3, no. 14, 2018, doi: 10.21834/ajbes.v3i14.161.

Rahmat and Maulidatul Khoiriyah, “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA MELALUI EDUWISATA DAN EKOWISATA,” BHAKTI J. Pengabdi. DAN Pemberdaya. Masy., vol. 2, no. 02, 2023, doi: 10.33367/bjppm.v2i02.4361.

E. Triandini, S. Jayanatha, A. Indrawan, G. Werla Putra, and B. Iswara, “Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia,” Indones. J. Inf. Syst., vol. 1, no. 2, 2019, doi: 10.24002/ijis.v1i2.1916.

P. S. Hasugian, “Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi,” J. Inform. Pelita Nusant., vol. 3, no. 1, 2018.

B. H. Yuliansa et al., “PENGEMBANGAN WEBSITE DESA SEBAGAI SARANA SISTEM INFORMASI POTENSI WISATA DESA,” J. Community Serv., vol. 1, no. 3, 2023.

G. P. Kusuma et al., “Implementasi Website sebagai Media Promosi Desa Wisata Kemawi,” Pros. Konf. Nas. Pengabdi. Kpd. Masy. dan Corp. Soc. Responsib., vol. 6, 2023, doi: 10.37695/pkmcsr.v6i0.2060.

N. Sutisna, A. S. Mutohari, A. Wijaya, I. Rachmawati, S. Parman, and D. Iriani, “PERANCANGAN MEDIA PROMOSI WEBSITE DESA WISATA SITIWINANGUN,” J. Digit, vol. 13, no. 1, 2023, doi: 10.51920/jd.v13i1.323.

A. Fatimah Azzahra, “Redesain Website Desa Wisata Branjang Menggunakan Metode Design Thingking,” Eastasouth J. Posit. Community Serv., vol. 1, no. 02, 2023, doi: 10.58812/ejpcs.v1i02.66.

A. Wardhana, “Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia,” Semin. Nas. Keuang. dan Bisnis IV, no. April 2015, 2015.

R. J. Mayana and S. Nurfebiaraning, “Analisis Perbandingan Efektivitas Iklan Web Event Game Genshin Impact Versi ‘Hilidream Camp’Pada Aplikasi, Facebook, Twitter Dan Website,” e-Proceeding Manag., vol. 8, no. 5, 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-25

Cara Mengutip

Tri Sujaka, T., Putu Meikapasa, N. W., & Hanalyna Dethan, S. . (2025). Pengembangan Eduwisata Berbasis Website untuk Peningkatan Pariwisata di Desa Sokong, Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3192