Pemberdayaan Anak Berkebutuhan Khusus di HS Learning Center Kota Bogor melalui Pelatihan Kewirausahaan dan Pengelolaan Keuangan

Penulis

  • Arina Rubyasih Ilmu Komunikasi, FHISIP, Universitas Terbuka https://orcid.org/0000-0002-0165-8723
  • Rachmawati Windyaningrum Ilmu Komunikasi, FHISIP, Universitas Terbuka https://orcid.org/0000-0002-1990-2421
  • Stefani Made Ayu Artharini Koesanto Ilmu Komunikasi, FHISIP, Universitas Terbuka
  • Stefani Nawati Ekoresti PGPAUD, FKIP, Universitas Terbuka
  • Yovita Yovita Agronomi, FST, Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3767

Kata Kunci:

Anak berkebutuhan khusus, Pemberdayaan, Kewirausahaan

Abstrak

Pemberdayaan anak berkebutuhan khusus sangat penting untuk menciptakan inklusi sosial dan ekonomi bagi kelompok ini. Inisiatif pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melaksanakan program pelatihan kewirausahaan dan pengelolaan keuangan untuk membantu anak berkebutuhan khusus memperoleh kemandirian, memperbaiki keadaan ekonomi, dan membangun rasa percaya diri. Metode yang digunakan dalam program pengabdian adalah dengan memberikan pelatihan intensif yang mencakup keterampilan kewirausahaan, khususnya dalam mengembangkan ide bisnis baru dan memahami pengelolaan keuangan adaptif. Kegiatan akan berlangsung di HS Learning Center yang berlokasi di Ciledek Barat, Kota Bogor. Sebanyak 20 orang mahasiswa berkebutuhan khusus mendapatkan pelatihan keterampilan praktis untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam berwirausaha dan mengelola aspek keuangan dari usaha yang akan mereka jalani. Hasil dari program ini adalah peningkatan usaha kewirausahaan dan melatih pengelolaan keuangan serta penggunaan aplikasi kasir bagi ABK, yang diharapkan dapat berdampak positif terhadap status ekonomi pribadi dan inklusi sosial anak berkebutuhan khusus. Pengabdian masyarakat ini juga menyoroti pentingnya kolaborasi berbagai pemangku kepentingan, lembaga pendidikan, dan masyarakat setempat dalam mendukung keberlanjutan program ini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Arina Rubyasih, Ilmu Komunikasi, FHISIP, Universitas Terbuka

Arina Rubyasih, S.Sos., M.I.Kom., is a lecturer and researcher in Communication Science at Universitas Terbuka, specializing in media studies, public communication, and digital learning. In addition to her academic role, she serves as the Manager of Learning and Examination at Universitas Terbuka's Bogor Regional Office, where she oversees the implementation of distance learning programs and assessments. Her research includes studies on digital literacy in social media management at the urban village level in Bandung and Bogor, contributing to the understanding of digital communication practices in local governance. Through her dual roles in administration and research, she actively contributes to the advancement of communication studies and the effective delivery of open and distance learning. She is reachable via email at arinar@ecampus.ut.ac.id

Rachmawati Windyaningrum, Ilmu Komunikasi, FHISIP, Universitas Terbuka

Rachmawati Windyaningrum is a civil servant lecturer at the Communication Studies Program, Universitas Terbuka, Indonesia.

Stefani Nawati Ekoresti, PGPAUD, FKIP, Universitas Terbuka

Stefani Nawati Ekoresti is a lecturer and researcher in PGPAUD at Universitas Terbuka

Yovita Yovita, Agronomi, FST, Universitas Terbuka

Yovita is a lecturer and researcher in Agronomy study program at Universitas Terbuka

Referensi

World Health Organization, “World Report on Disability 2011,” World Health Organization, Dec. 2011. Accessed: Nov. 10, 2024. [Online]. Available: https://www.who.int/publications/i/item/9789241564182

World Bank, “World Bank Group Commitments on Disability-Inclusive Development,” https://www.worldbank.org/en/topic/socialsustainability/brief/world-bank-group-commitments-on-disability-inclusion-development. Accessed: Nov. 10, 2024. [Online]. Available: https://www.worldbank.org/en/topic/socialsustainability/brief/world-bank-group-commitments-on-disability-inclusion-development

Puslapdik Kemendikbudristek, “Hari Disabilitas Internasional 2021: Libatkan Penyandang Disabilitas PascaCovid-19,” puslapdik.kemdikbud.go.id. Accessed: Nov. 19, 2024. [Online]. Available: https://puslapdik.kemdikbud.go.id/hari-disabilitas-internasional-2021-libatkan-penyandang-disabilitas-pascacovid-19/

H. Nur, K. Zainuddin, M. A. Alwi, N. Rasyid, and S. H. N. Istiqamah, “MEMPERKENALKAN WIRAUSAHA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI LELANG KARYA,” Jurnal Kebajikan Jurnal Pengabdian Masyarakat, no. 2, pp. 62–67, Jan. 2023, doi: https://doi.org/10.26858/jk.v1i2.47219.

R. Morgan and T. Riesen, Promoting Successful Transition to Adulthood for Students with Disabilities, 1st ed., vol. 1. New York: Guilford Press, 2016. Accessed: Nov. 20, 2024. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/317035208_Promoting_Successful_Transition_to_Adulthood_for_Students_with_Disabilities

A. F. Habibah, “Kemendikbudristek: 40.164 sekolah miliki siswa berkebutuhan khusus,” ANTARA. Accessed: Nov. 10, 2024. [Online]. Available: https://www.antaranews.com/berita/4038030/kemendikbudristek-40164-sekolah-miliki-siswa-berkebutuhan-khusus

U. Usup, M. S. Madi, S. Hataul, and C. Satiawati, “Pengaruh Teman Sejawat Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK),” Jurnal Pendidikan Indonesia, vol. 4, no. 02, pp. 196–204, Feb. 2023, doi: 10.36418/japendi.v4i02.1612.

D. Krüger and A. David, “Entrepreneurial Education for Persons With Disabilities—A Social Innovation Approach for Inclusive Ecosystems,” Front Educ (Lausanne), vol. 5, Feb. 2020, doi: 10.3389/feduc.2020.00003.

I. Syamsi, “Membuka Peluang Berwirausaha untuk Pemberdayaan Anak Berkebutuhan Khusus,” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 16, no. Special 1, Jun. 2010.

M. Waluyati, “MANAJEMEN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI I BANTUL,” in Fourth Conference on Research and Community Services STKIP PGRI Jombang Transformasi Pendididkan Berbasis Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Era Merdeka Belajar, Jombang: STKIP PGRI Jombang, 2022.

E. Fikriando et al., “Industri Kreatif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB 1 Payakumbuh,” Kegiatan Positif?: Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 4, pp. 192–200, Dec. 2024, doi: 10.61132/kegiatanpositif.v2i4.1455.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-08-25

Cara Mengutip

Rubyasih, A., Windyaningrum, R., Koesanto, S. M. A. A., Ekoresti, S. N., & Yovita, Y. (2025). Pemberdayaan Anak Berkebutuhan Khusus di HS Learning Center Kota Bogor melalui Pelatihan Kewirausahaan dan Pengelolaan Keuangan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(4), 987-993. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3767