Peningkatan Kapasitas Karyawan Indy Feryto Wedding Organizer melalui Pelatihan Terintegrasi dengan Metode Diskusi Kelompok

Penulis

  • Saptaningsih Sumarmi Program studi Magister Manajemen, Fakultas Bisnis dan Hukum, Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Sugeng Prihatin Program studi Magister Manajemen, Fakultas Bisnis dan Hukum, Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Miranda Basri Program studi Magister Manajemen, Fakultas Bisnis dan Hukum, Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Fadhillah Ummah Program studi Magister Manajemen, Fakultas Bisnis dan Hukum, Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Tiara Program studi Magister Manajemen, Fakultas Bisnis dan Hukum, Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Adelia Novita Sari Program studi Magister Manajemen, Fakultas Bisnis dan Hukum, Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3635

Kata Kunci:

Digital Marketing, Pelatihan Terintegrasi, Service Excellence, UMKM

Abstrak

Abstrak Indy Feryto Wedding Organizer, sebuah UMKM di Bantul, Yogyakarta, menghadapi masalah operasional berupa overload kerja musiman, miskoordinasi tim, dan pelayanan pelanggan yang kurang optimal. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di UMKM tersebut. Metode pelaksanaan meliputi Focus Group Discussion, pelatihan digital marketing, dan pendampingan praktis dalam penataan display butik. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman karyawan terkait platform digital, service excellence, dan kolaborasi tim, serta pengembangan solusi seperti perencanaan shift fleksibel dan strategi pemasaran digital. Dampak bagi mitra mencakup peningkatan kompetensi SDM, efisiensi operasional, dan produktivitas yang lebih seimbang. Rekomendasi meliputi monitoring berkala dan pelatihan lanjutan terkait Customer Relationship Management.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alim Tri Bawono, S., Fathurrahman, A., Novi Ninda Ramadanty, A., Pratama, A., Damayanti, S., Habib Wiliyanto, H., Indah Kusdiyani, N., Izzuddin Daffa, F., Shafabill Putri, N., Aziz, A., Dwi Kusumastuti, Y., & Sulistyaningsih, A. (2024). Perancangan Katalog Kerajinan Logam UMKM Tembaga Mewah Sebagai Media Branding dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Teknologi Tepat Guna, 5(1), 51–60.

Arifin, M. S. (2021). Penyuluhan di UKM “Alvia” Produksi Kripik tentang Perizinan dan Display Produk Desa Temenggungan Kecamatan Krejengan Probolinggo. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 1(2), 231–236. https://doi.org/10.54082/jamsi.71

Cheren, & Haryanto, H. (2022). Penerapan Strategi Digital Marketing pada UMKM KuroKoci Meow & Woof. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 1340–1351.

Day, T. M. W., Widyastuti, S., & Sihite, M. (2023). Pengaruh Internal Kontrol, Organization Behaviour Dan Digitalisasi Terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 2(11), 1079–1093. https://doi.org/10.58344/locus.v2i11.1860

Fauzan Natsir, Triyadi, T., & Anggraeni, N. K. P. (2022). Optimalisasi Pemanfaatan Sistem Informasi pada UMKM Beladies Laundry Kiloan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 53–62. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i1.961

Haironi, R. (2025). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Manajemen Sdm Untuk Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah ( UKM ). COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 67–74.

Hariroh, F. M. R., Aziz, N., Sandi, P. H., Hermiati, N. F., & Aprilia, W. (2024). Peranan Kompetensi Sumber Daya Manusia UMKM dalam Meningkatkan Kinerja UMKM. Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, 2(1), 48–54.

Imron, F., Wijiastuti, S., Eni, I., & ... (2023). Optimalisasi Talenta Melalui Workshop Public Speaking, Content Creator Dan Event Marketing. Community …, 4(1), 164–169. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/12092%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/12092/9245

Nizar, M., Jamhuri, M., & Rakhmawati, A. (2024). PENGUATAN KAPABILITAS DIGITAL UKM BATIK CANTING KHAS GEMPOL KABUPATEN PASURUAN MELALUI PEMBINAAN DAN PENDAMPINGAN TRANSFORMASI BISNIS DIGITAL. Abdi Insani, 11(3), 755–763.

Purbohastuti, A. W., Hidayah, A. A., & Lusianingrum, F. P. W. (2021). Pengayaan E-Commerce Visual Merchandising untuk Produk UMKM Ansor Ritel Kabupaten Serang. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 1061–1070. https://eprints.untirta.ac.id/7696/%0Ahttps://eprints.untirta.ac.id/7696/1/Artikel JCES_merged.pdf

Rumui, E. E., & Astuti, T. D. (2023). Edukasi Dan Pelatihan Pembukuan Sederhana Pada UMKM ( Kios Online Di Kota Surabaya Dan Silaundry Di Daerrah Istimewa Yogyakarta ). Community Development Journal, 4(5), 11322–11327.

Sulistiarini, E. B., Prihandini, R., Alfian, R., Shofiah, W., & Laili, H. (2024). Strategi Pembentukan Eduwisata Pertanian Ramah Lingkungan melalui Focus Group Discussion ( FGD ). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(4), 4465–4472.

Susano, A. (2024). Literasi Digital Pendampingan Digitalisasi Pada Pelaku Umkm Di Kecamatan Tingkir Kota Salatiga. Edusight Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.69726/edujpm.v1i1.2

Waruwu, E., Ndraha, A. B., & Lase, D. (2022). Peluang Dan Tantangan G20 Dalam Transformasi Manajemen Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Civil Society 5.0 Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Maksitek, 7(3), 26–32.

Wirata, I. N., Citrawati, L. P., Kusumarini, I., & Paramita, R. (2024). Pelatihan Pengelolaan UMKM dalam Penyelenggaraan Event di Desa Panji , Bali. Masyarakat Pariwisata: Journal of Community Services in Tourism, 5(2008), 153–161. https://doi.org/10.34013/mp.v5i2.1608

Yim, K.-H. (2020). A Study on Digital Marketing Promotion Strategy and Implementation Strategy Implementation Plan of Global SMEs. Journal of Digital Convergence, 18(11), 195–205. https://doi.org/10.14400/JDC.2020.18.11.195

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-08-25

Cara Mengutip

Sumarmi, S., Prihatin, S., Basri, M., Ummah, F., Tiara, & Sari, A. N. (2025). Peningkatan Kapasitas Karyawan Indy Feryto Wedding Organizer melalui Pelatihan Terintegrasi dengan Metode Diskusi Kelompok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(4), 822-829. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3635