Pelatihan Keterampilan Kuliner bagi Siswa Sekolah Menengah Atas Katolik Stella Maris Surabaya sebagai Bekal Kewirausahaan
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3633Kata Kunci:
Kewirausahaan, Pelatihan Kuliner, Pengabdian Masyarakat, Siswa SMAAbstrak
Pelatihan keterampilan kuliner bagi siswa SMAK Stella Maris Surabaya dilatarbelakangi oleh pentingnya membekali generasi muda dengan keterampilan praktis yang dapat menunjang kemandirian, kreativitas, dan potensi kewirausahaan. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan pelatihan keterampilan kuliner bagi siswa SMAK Stella Maris Surabaya. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dasar memasak yang aplikatif dan menyenangkan, sekaligus menumbuhkan minat berwirausaha sejak dini. Metode pelatihan dilakukan secara klasikal dan praktik langsung selama tujuh sesi, dimulai dari penyusunan modul, pengenalan alat dan bahan, demonstrasi, praktik memasak, hingga evaluasi hasil. Sebanyak 60 siswa mengikuti kegiatan ini dengan antusias dan aktif dalam setiap sesi. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan keterampilan memasak, kepercayaan diri, serta munculnya inisiatif siswa untuk menjual produk yang dihasilkan. Pelatihan ini turut memperkuat kerja sama antarsiswa, memberikan pengalaman belajar kontekstual yang bermanfaat di luar pembelajaran formal, dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa dalam lingkungan sekolah.
Unduhan
Referensi
A. A. G. P. KP. Dalem, A. A. G. Agung, M. Yudana, and K. R. Dantes, “The Influence of Culinary Skills on Work Motivation and Its Influence on Entrepreneurial Intentions for Students in the Culinary Arts Study Program,” International Journal of Religion, vol. 5, no. 3, pp. 31–39, Feb. 2024, doi: 10.61707/jr6x5s83.
R. U. Br. Pinem, “PENDIDIKAN ENTREPRENEURSHIP LEWAT SENTRA MEMASAK KULINER KHAS KABUPATEN GAYO LUES,” Jurnal review Pendidikan dan Pengajaran, vol. 6, no. 4, pp. 975–979, 2023.
I. Sulistiyawati, N. Muhasanah, A. Aniuranti, D. Arimbi, and D. I. Yudhistira, “Menumbuhkembangkan Jiwa Berwirausaha dengan Pelatihan Pembuatan Makanan dan Minuman Sehat pada Siswa SD,” 2023. [Online]. Available: https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/444
A. P. Putri, Rahmatullah, Muh. I. Sai, and M. Hasan, “PENGARUH KEMAMPUAN WIRAUSAHA, PELUANG USAHA DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SEKTOR KULINER DI KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA,” Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 25, no. 1, pp. 19–31, 2023, [Online]. Available: http://umkm.depkop.go.id
D. P. Mau, I. D. P. Prabowo, and E. A. Lukman, “Educational Culinary Approach to Enhance Students’ Interest, Skills, and Knowledge in Cooking at SMA Katolik Stella Maris Surabaya,” ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 7, no. 3, pp. 1102–1113, Jul. 2024, doi: 10.35568/abdimas.v7i3.4889.
D. Ratnasari, K. Mar’ah, M. Ramadhani, F. D. Patrikha, and D. I. Setyowati, “Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Penelitian Tindakan Kelas guna Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar,” Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 6, no. 2, 2024, doi: 10.31004/edukatif.v6i2.6596.
I. W. Suryanto, N. M. E. O. Astuti, and I. G. A. A. S. Diarini, “Efektivitas program pelatihan pengolahan hidangan appetizer and dessert pada siswa SMK Pratama Widhya Mandala,” JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), vol. 7, no. 2, pp. 159–171, Dec. 2020, doi: 10.21831/jppm.v7i2.32235.
I. Febriani, N. Nurjanah, and T. Setiawati, “Kreativitas Kuliner dalam Pembelajaran Teaching Factory Peserta Didik SMK Tata Boga se-Malang Raya,” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 5, no. 3, p. 465, Dec. 2021, doi: 10.23887/jipp.v5i3.38010.
Zuniarti, “Model Project Based Learning Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Berwirausaha Siswa Saat PJJ,” Jurnal Riset Daerah, vol. 21, pp. 4033–4052, 2021.
U. P. Ganesha and J. U. Singaraja, “PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR TENTANG HIDANGAN BALI Ni Desak Made Sri Adnyawati.”
Y. I. Sari and Elida, “PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA,” Ensiklopedia Education Review, vol. 6, no. 2, pp. 106–111, 2024, [Online]. Available: http://jurnal.ensiklopediaku.org
N. M. A. Tresnawati, “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA BALI BERBASIS LITERASI DIGITAL,” Oct. 2021.
O. Güler and M. ?. Haseki, “Positive Psychological Impacts of Cooking During the COVID-19 Lockdown Period: A Qualitative Study,” Front Psychol, vol. 12, Mar. 2021, doi: 10.3389/fpsyg.2021.635957.
H. K. Tunjungsari and M. Ie, “Developing Knowledge and Skills of Culinary Entrepreneurship for Women in Sukoharjo,” MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, vol. 4, no. 2, pp. 198–206, Nov. 2020, doi: 10.25170/mitra.v4i2.1366.