Pendampingan Pemberdayaan Layanan Perpustakaan Berbasis Digital di SMA N I Kampung Dalam Pariaman

Authors

  • Zulkifli Zulkifli Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Sumatera Barat, Indonesia
  • Martin Kustati Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Sumatera Barat, Indonesia
  • Rezki Amelia Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Sumatera Barat, Indonesia
  • Nora Afnita Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Sumbar Padang, Indonesia
  • Reflianto Reflianto Tata Rias Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Hidayati Suhaili Pendidikan PKN, Fakultas Pendidikan Sosial STKIP Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3795

Keywords:

digitalisasi, layanan, perpustakaan, otomasi

Abstract

Pendampingan pemberdayaan ini merupakan upaya untuk meningkatkan pemanfaatan layanan perpustakaan yang selama ini masih berlangsung secara manual. Sistem manual menyebabkan proses peminjaman dan pengembalian bahan pustaka berjalan lambat. Selain itu, pemustaka masih menggunakan media kertas untuk mengisi buku tamu serta mencari informasi pustaka lainnya, yang dinilai kurang efisien dan tidak ramah lingkungan. Tujuan pendampingan ini adalah memberikan pemahaman dan keterampilan dalam mengoperasikan serta memanfaatkan komputer guna mendukung layanan perpustakaan yang lebih modern. Metode yang digunakan adalah  Participatory Action Research  (PAR), di mana pustakawan dan dosen terlibat aktif dalam proses identifikasi masalah, perancangan solusi, hingga implementasi layanan otomasi perpustakaan. Kegiatan meliputi pembuatan daftar buku tamu digital, kartu anggota, sistem peminjaman dan pengembalian buku berbasis komputer, serta pengembangan OPAC (Online Public Access Catalog). Hasilnya, proses layanan menjadi lebih efisien. Jika sebelumnya hanya 10 orang dapat dilayani dalam waktu istirahat 20 menit, kini meningkat menjadi 20 orang. Pendampingan ini menunjukkan bahwa digitalisasi dapat mempercepat dan mempermudah layanan perpustakaan secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardoni, Tehnologi Informasi dan Perpustakaan. Jakarta: CV. Sagung Seto.

A. R. Putri and H. Wicaksono, “Pelatihan Aplikasi SLiMS bagi Pustakawan Pagar Alam Institute untuk Optimalisasi Layanan Perpustakaan Digital,” J. Pengabdi. Masy. Akunt., vol. 6, no. 2, pp. 119–126, 2024.

M. Azwar, “Membangun sistem Otomasi Perpustakaan dengan Senayan Library manajemen System (SliMS),” Khizanah Al-Hikmah, vol. 1, no. 1, 2013.

H. Hendrizal, M. Joni, K. Hijrat, and ..., “Pendidikan sebagai Investasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat,” El-Kahfi| J. …, 2024, [Online]. Available: https://www.ejournal.mannawasalwa.ac.id/index.php/elkahfi/article/view/232

F. Becker, “Organizational ecology and knowledge networks,” Calif. Manage. Rev., 2007, doi: 10.2307/41166382.

A. Prastowo, Sumber belajar dan Pusat Sumber Belajar, Teori dan Aplikasinya di sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana, 2018.

N. Lestariani et al., “Analisis Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Melalui Peningkatan Otonomi Belajar dan Literasi Informasi Digital Analysis of Student Cognitive Learning Achievement Through Increased Learning Autonomy and Digital Information Literacy,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 8, no. 2, p. 2023, 2023, doi: 10.24832/jpnk.v8i2.4392.

P. Darmanto, Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

M. C. Bagas, R. A. Sholikhah, S. Faroha, and V. Rahmawati, “Implementasi Asset Based Community Development dalam Menumbuhkan Modal Sosial, Ekonomi dan Budaya pada Masyarakat Pesisir Desa Branta,” Community Dev. J. Pengemb. Masy. Islam, vol. 7, no. 2, pp. 168–178, 2024, doi: 10.21043/cdjpmi.v7i2.22509.

S. V Kusnoor, “Design and implementation of a massive open online course on enhancing the recruitment of minorities in clinical trials – Faster Together,” BMC Med. Res. Methodol., vol. 21, no. 1, 2021, doi: 10.1186/s12874-021-01240-x.

A. Sriyanta, “Kemajuan Digital Dalam Pembelajaran Mengubah Paradigma Pendidikan,” J. Tahsinia, 2023, [Online]. Available: http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/205

M. H. Purnomo, Peningkatan Manajemen Perpustakaan Dengan Sistem Otomasi. Bandung: Alfabeta, 2016.

A. Tella, “Repackaging LIS professionals and libraries for the fourth industrial revolution,” Libr. Hi Tech News, vol. 37, no. 8, pp. 1–6, 2020, doi: 10.1108/LHTN-02-2020-0016.

A. Khan, “Digital information literacy skills of Pakistani librarians: exploring supply-demand mismatches, adoption strategies and acquisition barriers,” Digit. Libr. Perspect., vol. 36, no. 2, pp. 167–189, 2020, doi: 10.1108/DLP-01-2020-0003.

A. H. Sutopo, HORISON DIGITAL: Mengubah Keterlibatan Mahasiswa di Kampus Global. books.google.com, 2024. [Online]. Available: https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=27gIEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=di+era+digital+saat+ini+teknologi+telah+meresap+ke+berbagai+aspek+kehidupan+termasuk+dunia+pendidikan+pergeseran+paradigma+dari+metode+pembelajaran+konvensional+menuju+pendekatan+ya

L. Huang, “Curriculum reform at Chinese medical schools: What have we learned?,” Med. Teach., vol. 36, no. 12, pp. 1043–1050, 2014, doi: 10.3109/0142159X.2014.918253.

R. Purnamasari and Y. Mulyadi, “Pemberdayaan Pengelola Taman Baca Masyarakat melalui Literasi Digital dan Pemanfaatan Aplikasi SLiMS,” J. ABDI Media Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 1, pp. 45–52, 2022.

H. Silvana, PENDIDIKAN LITERASI DIGITAL REMAJA Dalam Penerimaan Pesan Pada Media Sosial-Damera Press. books.google.com, 2024. [Online]. Available: https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=-88uEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=di+era+digital+saat+ini+teknologi+telah+meresap+ke+berbagai+aspek+kehidupan+termasuk+dunia+pendidikan+pergeseran+paradigma+dari+metode+pembelajaran+konvensional+menuju+pendekatan+ya

S. R. Jónsdóttir, “The feasibility of innovation and entrepreneurial education in middle schools,” J. Small Bus. Enterp. Dev., vol. 26, no. 2, pp. 255–272, 2019, doi: 10.1108/JSBED-08-2018-0251.

D. Afrilia, M. Fuad, and Z. Siregar, “Pengaruh Homesickness Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa Rantau,” J. Stud. Islam Indones., vol. 2, no. 1, pp. 161–175, 2024, [Online]. Available: https://ejournal.lapad.id/index.php/jsii/article/download/647/460/5078

A. Rahman and M. Taufik, “Menggali Dilema Etis: Penggunaan Teknologi Komunikasi Digital Generasi Muda dalam Perspektif Islam,” J. Komun. Islam, vol. 11, no. 2, pp. 204–220, 2021.

U. Yakar, A. Sülü, M. Porgal?, and N. Çal??, “From constructivist educational technology to mobile constructivism: How mobile learning serves constructivism?,” 2020, dergipark.org.tr. doi: 10.17985/ijare.818487.

Published

2025-08-26

How to Cite

Zulkifli, Z., Kustati, M., Amelia, R., Afnita, N., Reflianto, R., & Suhaili, H. (2025). Pendampingan Pemberdayaan Layanan Perpustakaan Berbasis Digital di SMA N I Kampung Dalam Pariaman. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(4), 1043-1049. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3795