Pendampingan Menulis KKG Mi Sleman untuk Peningkatan Profesionalitas dan Publikasi Buku Cerita Islami Bergambar Melalui Aplikasi Canva
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3651Keywords:
Aplikasi Canva, Cerita Islami, Guru MenulisAbstract
Pengembangan kapasitas guru di KKG MI Sleman dalam bidang teknologi menjadi tujuan yang harus dilaksanakan secara merata, Hal ini di tunjukan dengan banyaknya guru di KKG MI Sleman yang focus pada kegiatan mengajar tetapi mengesampingkan peningkatan ketrampilan diri seperti menulis dan publikasi karya. Sebagai upaya untuk mengurangi guru tertinggal dalam peningkatan kompetensi diri dan teknologi, tim pengabdian PGMI UIN Sunan Kalijaga melaksanakan pendampingan di KKG MI Sleman. Dalam era teknologi informasi yang semakin maju, pendampingan teknologi dapat menjadi keterampilan inti yang perlu dikuasai guru. Tema pendampingan yang di laksanakan salah satunya adalah guru menulis cerita islami, yang terdiri dari proses pengenalan aplikasi canva dan publikasi karya. Metode yang digunakan adalah (PAR) participatory action research dengan melibatkan beberpa guru sebagai objek dan pemateri sebagai tutor pelatihan canva. Pendekatan ini meliputi demonstrasi dan pendampingan evaluasi bagi karya guru-guru di KKG MI Sleman, Hasil pendampingan menunjukkan bahwa pengenalan canva di KKG MI Sleman memberikan dampak positif terhadap minat belajar teknologi, kreativitas menulis, dan publikasi digital berbasis aplikasi. Hasil pendampingan menghasilkan tiga karya buku digital islami dengan desain canva dan publikasi menggunakan barcode. Minat belajar yang ditunjukan guru pada pendampingan di KKG MI Sleman sangat tinggi dibuktikan masing-masing sekolah mengirimkan perwakilan guru-guru muda.
Downloads
References
A. D. Palettei and W. B. Sulfemi, “Pengaruh kelompok kerja guru (KKG) terhadap peningkatan kompetensi pedagogik dan kemampuan menulis karya ilmiah,” JPDI J. Pendidik. Dasar Indones., vol. 4, no. 2, pp. 53–58, 2019.
F. Shabrina et al., “Kontribusi Mahasiswa dalam Merealisasikan Kreativitas Diri Melalui Model Pembelajaran Special Event di Politeknik Pariwisata Prima Internasional,” Gemawisata J. Ilm. Pariwisata, vol. 21, no. 1, pp. 142–155, 2025.
C. C. Aggarwal, Neural Networks and Deep Learning: A Textbook. 2023, p. 529. doi: 10.1007/978-3-031-29642-0.
“Balitbang Depdiknas (2006: 5 - Google Scholar.” Accessed: Jun. 04, 2024. [Online]. Available: https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Balitbang+Depdiknas+%282006%3A+5&btnG=
D. Altun, “Preliterate Young Children’s Reading Attitudes: Connections to the Home Literacy Environment and Maternal Factors,” Early Child. Educ. J., vol. 50, no. 4, pp. 567–578, 2022, doi: 10.1007/s10643-021-01177-2.
L. N. Graves, “Cooperative Learning Communities: Context for a New Vision of Education and Society,” J. Educ., vol. 174, no. 2, pp. 57–79, Apr. 1992, doi: 10.1177/002205749217400205.
S. Graham, “A walk through the landscape of writing: Insights from a program of writing research,” Educ. Psychol., vol. 57, no. 2, pp. 55–72, 2022, doi: 10.1080/00461520.2021.1951734.
S. Suranto, “Gerakan Guru Menulis Buku Melalui Pelatihan Online dengan Microsoft Teams bagi Guru Se Kota Salatiga,” J-ABDIPAMAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 109–116, 2020.
A. R. Abdul Rahman, P. H. Partomuan Harahap, and W. N. Wahyu Naldi, “Motivasi guru menulis karya ilmiah; Faktor penyebab dan solusi (studi kasus pada guru PAI di sekolah menengah atas negeri Rejang Lebong-Bengkulu),” Edukasi Islami J. Pendidik. Islam, vol. 12, no. 1, pp. 567–581, 2023.
F. A. Aziza, R. R. Aliyyah, and M. Ichsan, “Pengaruh Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKGMI) Terhadap Profesionalisme Guru Wilayah 2 Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor,” Karimah Tauhid, vol. 3, no. 7, pp. 7401–7414, 2024.
R. Sari and F. Anggreni, “Penyusunan E-Modul Menggunakan Heyzine Pada KKG MI Se-Kota Langsa,” Dikmas J. Pendidik. Masy. Dan Pengabdi., vol. 3, no. 2, pp. 291–298, 2023.
A. N. Alfian, M. Y. Putra, R. W. Arifin, A. Barokah, A. Safei, and N. Julian, “Pemanfaatan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. UBJ, vol. 5, no. 1, pp. 75–84, 2022.
Z. Nuryana, “Literation movement for leading schools: Best practice and leadership power,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 9, no. 1, pp. 227–233, 2020, doi: 10.11591/ijere.v9i1.20279.
D. E. Triningsih, “Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek,” Cendekia J. Pendidik. Dan Pembelajaran, vol. 15, no. 1, pp. 128–144, 2021.
K. N. Isnaini, D. F. Sulistiyani, and Z. R. K. Putri, “Pelatihan desain menggunakan aplikasi canva,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 5, no. 1, pp. 291–295, 2021.
J. M. Froiland, “The Intrinsic Learning Goals of Elementary School Students, in Their Own Words,” J. Humanist. Psychol., vol. 61, no. 4, pp. 629–649, 2021, doi: 10.1177/0022167818763923.
J. Bale, “Building a mental health literacy model and verbal scale for children: Results of a Delphi study,” Child. Youth Serv. Rev., vol. 109, no. Query date: 2024-03-20 02:32:39, 2020, doi: 10.1016/j.childyouth.2019.104667.
P. DeOrsey, “Finding Joy in Mathematics Through Islamic Geometry and Technology,” PRIMUS, vol. 32, no. 1, pp. 74–89, 2022, doi: 10.1080/10511970.2020.1827326.
R. Yusra and S. Salminawati, “IMPLEMENTASI MEDIA BUKU CERITA ISLAMI DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA SISWA KELAS 3 MIN 4 MEDAN,” Res. Dev. J. Educ., vol. 10, no. 1, pp. 494–503, 2024.
A. Muhid, A. Afandi, and M. H. Sucipto, Modul participatory action research (PAR) untuk pengorganisasian masyarakat (community organizing). 2021. Accessed: Jun. 04, 2024. [Online]. Available: https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/23578
R. Raaihani, “Penggunaan Media Pembelajaran Infografis (canva) pada Materi Ekosistem untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” PhD Thesis, FKIP UNPAS, 2021. Accessed: Jun. 04, 2024. [Online]. Available: http://repository.unpas.ac.id/54858/
Y. Purwati and L. Perdanawanti, “Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Anggota Komunitas Ibu Profesional Banyumas Raya,” J. Pengabdi. Mitra Masy. JPMM, vol. 1, no. 1, 2019, Accessed: Jun. 04, 2024. [Online]. Available: http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2947352&val=26114&title=Pelatihan%20Desain%20Menggunakan%20Aplikasi%20Canva%20Untuk%20Anggota%20Komunitas%20Ibu%20Profesional%20Banyumas%20Raya
W. Herwina, “OPTIMALISASI KEBUTUHAN MURID DAN HASIL BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI,” Perspekt. Ilmu Pendidik., vol. 35, no. 2, pp. 175–182, Nov. 2021, doi: 10.21009/PIP.352.10.