Pelatihan Deteksi Dini dan Modifikasi Perilaku pada Guru di Kota Malang dan Batu, Provinsi Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3174Keywords:
Anak Berkebutuhan Khusus, Deteksi Dini, Guru, InklusiAbstract
Pengabdian ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru inklusi di Kota Malang dan Batu dalam menerapkan deteksi dini dan modifikasi perilaku anak berkebutuhan khusus di sekolah masing-maisng. Metode pelatihan mencakup psikoedukasi, diskusi, dan praktik deteksi dini menggunakan metode wawancara dan observasi. Hasil menunjukkan Mitra pengabdian adalah guru-guru sekolah inklusi yang tergabung dalam Musyawarah Guru Pembimbing Khusus (MGPK) Kota Batu dan guru dari sekolah inklusi Smart Kids. Pendampingan dalam pengabdian masyarakat ini ada beberapa kegiatan, antara lain: Psikoedukasi deteksi dini karakteristik anak berkebutuhan khusus dan pelatihan modifikasi perilaku (reinforcement dan token economy). Hasil pendampingan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru terhadap karakteristik siswa berkebutuhan khusus dan penerapan modifikasi perilaku.
Downloads
References
Heward, W. L. Exceptional Children: An Introduction to Special Education. New Jersey: Prentice Hall. 2002.
Suran, B. G., & Rizzo, J. V. Special Children: An Integrative Approach. Scott, Foresman & Company. 1979.
Anwar, Z., Ingarianti, T. M., & Suryaningrum, C. Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Malang: Psychology Forum. 2016.
https://data.dikdasmen.go.id/data-induk/ptk/050000/056100
Tarnoto, N. Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi pada Tingkat SD. Humanitas, 13 (1), 50-61, DOI: 10.26555/HUMANITAS.V13I1.3843. 2016
Nelson-Jones, R. The Theory and Practice of Counselling Psychology. London: Holt, Rinehart and Winston. 1982.
Cartwright, M. Psychoeducation Among Caregivers of Children Receiving Mental Health Services. The Ohio State University. 2007
Supratiknya, A. Merancang Program Modul: Psikoedukasi (Edisi Revisi). Universitas Sanata Dharma. https://repository.usd.ac.id/12880/1/2011 Merancang Program dan Modul Psikoedukasi Edisi Revisi.pdf. 2011.
Pfeiffer, J. W., & Jones, J. E. A Handbook of Structures Experiences for Human Relations Training. Wolume VIII. Amsterdam: Pfeiffer. 1979.
Chan, S. H. W., Lee, S. W. K., & Chan, . W. M. TRIP: A Psychoeducational Programme in Hongkong for People with Schizophrenia. Occupational Therapy International, 14 (2), 86-98. https://doi.org/10.1002/oti.226. 2007.
Reed, J., & Koliba, C. Facilitating Reflection. A Manual for Leaders and Educators. Diunduh dari http://www.uvm.edu/-dewey/reflection_manual/. 2003.