Pelatihan Deteksi Dini dan Modifikasi Perilaku pada Guru di Kota Malang dan Batu, Provinsi Jawa Timur

Penulis

  • Susanti Prasetyaningrum Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Uun Zulfiana Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Cahyaning Suryaningrum Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3174

Kata Kunci:

Anak Berkebutuhan Khusus, Deteksi Dini, Guru, Inklusi

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru inklusi di Kota Malang dan Batu dalam menerapkan deteksi dini dan modifikasi perilaku anak berkebutuhan khusus di sekolah masing-maisng. Metode pelatihan mencakup psikoedukasi, diskusi, dan praktik deteksi dini menggunakan metode wawancara dan observasi. Hasil menunjukkan  Mitra pengabdian adalah guru-guru sekolah inklusi yang tergabung dalam Musyawarah Guru Pembimbing Khusus (MGPK) Kota Batu dan guru dari sekolah inklusi Smart Kids. Pendampingan dalam pengabdian masyarakat ini ada beberapa kegiatan, antara lain: Psikoedukasi deteksi dini karakteristik anak berkebutuhan khusus dan pelatihan modifikasi perilaku (reinforcement dan token economy). Hasil pendampingan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru terhadap karakteristik siswa berkebutuhan khusus dan penerapan modifikasi perilaku.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Heward, W. L. Exceptional Children: An Introduction to Special Education. New Jersey: Prentice Hall. 2002.

Suran, B. G., & Rizzo, J. V. Special Children: An Integrative Approach. Scott, Foresman & Company. 1979.

Anwar, Z., Ingarianti, T. M., & Suryaningrum, C. Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Malang: Psychology Forum. 2016.

https://data.dikdasmen.go.id/data-induk/ptk/050000/056100

Tarnoto, N. Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi pada Tingkat SD. Humanitas, 13 (1), 50-61, DOI: 10.26555/HUMANITAS.V13I1.3843. 2016

Nelson-Jones, R. The Theory and Practice of Counselling Psychology. London: Holt, Rinehart and Winston. 1982.

Cartwright, M. Psychoeducation Among Caregivers of Children Receiving Mental Health Services. The Ohio State University. 2007

Supratiknya, A. Merancang Program Modul: Psikoedukasi (Edisi Revisi). Universitas Sanata Dharma. https://repository.usd.ac.id/12880/1/2011 Merancang Program dan Modul Psikoedukasi Edisi Revisi.pdf. 2011.

Pfeiffer, J. W., & Jones, J. E. A Handbook of Structures Experiences for Human Relations Training. Wolume VIII. Amsterdam: Pfeiffer. 1979.

Chan, S. H. W., Lee, S. W. K., & Chan, . W. M. TRIP: A Psychoeducational Programme in Hongkong for People with Schizophrenia. Occupational Therapy International, 14 (2), 86-98. https://doi.org/10.1002/oti.226. 2007.

Reed, J., & Koliba, C. Facilitating Reflection. A Manual for Leaders and Educators. Diunduh dari http://www.uvm.edu/-dewey/reflection_manual/. 2003.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-08-25

Cara Mengutip

Prasetyaningrum, S., Zulfiana, U., & Suryaningrum, C. (2025). Pelatihan Deteksi Dini dan Modifikasi Perilaku pada Guru di Kota Malang dan Batu, Provinsi Jawa Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(4), 764-772. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3174