Pelatihan Pengembangan Media Ajar Berbasis Multimodal kepada Guru-Guru SD Santa Melania, Bandung, Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3687Kata Kunci:
Media Ajar, Multimodal, Pelatihan, Pendidikan Dasar, STEAMAbstrak
Penggunaan media ajar dapat meningkatkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Namun, tidak semua media ajar tersedia atau tidak mengikuti perkembangan materi. Dari hasil analisis kebutuhan yang dilakukan sebelum pengabdian di sekolah mitra, SD Santa Melania, Bandung, Jawa Barat, mitra mengalami keterbatasan media ajar dan kurangnya pendampingan dalam pengembangan media yang sesuai dengan perkembangan teknlogi. Tujuan Abdimas ini adalah untuk memberikan pendampingan kepada guru-guru SD Santa Melania dalam pengembangan media ajar berbasis multimodal untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui interaksi, motivasi, dan kreativitas siswa dan guru. Pelatihan media berbasis multimodal mengaplikasikan teori Kress dan Lewin (2001) yang merujuk pada cara orang berkomunikasi menggunakan modes yang berbeda pada saat bersamaan. Pelatihan menggunakan pendekatan partisipasi aktif, orientasi kegiatan, pendekatan program, dan pendekatan kemandirian. Pelatihan dilakukan dalam beberapa tahapan, yaitu (1) identifikasi karakter pelajar (sebagai acuan pengembangan media), (2) pengantar multimodal semiosis (eksposur pendekatan mutakhir yang bisa diterapkan dalam kelas), (3) pelatihan multimodal melalui pendekatan teknik mengajar, (4) brainstorming media melalui observasi kebutuhan siswa di kelas, (5) pelatihan STEAM, (6) pelatihan kreativitas multimodal, perancangan dan desain media. Hasil dari pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman guru dalam kombinasi media multimodal seperti audio dan visual dalam pembelajaran dan peningkatan kreativitas guru dalam mendesain media ajar seperti flashcards dan poster.
Unduhan
Referensi
J. Junaidi, “Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar,” Diklat Review?: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, vol. 3, no. 1, pp. 45–56, Jun. 2019, doi: 10.35446/diklatreview.v3i1.349.
J. K. Pendidikan, “PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN THE ROLE OF INSTRUCTIONAL MEDIA TO IMPROVING,” vol. 2, no. 2, 2018.
S. T. Dessiane and N. Hardjono, “Efektivitas Media Pembelajaran Cerita Bergambar Atau Komik Bagi Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), vol. 2, no. 1, pp. 42–46, 2020, doi: 10.31004/jpdk.v1i2.537.
L. Siamy, F. Farida, and M. Syazali, “Media Belajar Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning,” Desimal: Jurnal Matematika, vol. 1, no. 1, p. 113, 2018, doi: 10.24042/djm.v1i1.1919.
A. D. Rachmawati, B. Baiduri, and Moh. M. Effendi, “Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Web Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif,” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 9, no. 3, p. 540, 2020, doi: 10.24127/ajpm.v9i3.3014.
G. Kress and T. Van Leeuwen, “Colour as a semiotic mode: Notes for a grammar of colour,” Visual Communication, vol. 1, no. 3, pp. 343–368, 2002, doi: 10.1177/147035720200100306.
K. Seva, W. D. Siga, and A. Sirait, “Penggunaan Variasi Media Pembelajaran dalam Pengajaran Agama Katolik,” Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama, vol. 6, no. 2, pp. 185–198, 2023, doi: 10.15575/hanifiya.v6i2.29518.
A. A. Setyo, M. R. Layn, F. Musa"ad, and I. Rusani, “Use of Multimodal and Interactive Digital Teaching Materials in 21st Century Mathematics Learning,” ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 6, no. 4, pp. 4539–4546, 2023, doi: 10.35568/abdimas.v6i4.4008.
M. Mulyani, A. Normawati, R. Hamdani, and S. Raikhana, “Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Multimodal Genre-based Approach dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Kabupaten Magelang,” vol. 4, no. 1, pp. 0–5, 2024.
C. Forceville, “Educating the eye? Kress and Van Leeuwen’s Reading Images: The Grammar of Visual Design (1996),” 1999. doi: 10.1177/096394709900800204.
A. Supriatna, Nasem, and A. Aenul Quthbi, “PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAGAMAN KENAMPAKAN DAN PEMBAGIAN WILAYAH WAKTU DI INDONESIA,” Jurnal Tahsinia, vol. 2, no. 2, 2021, doi: 10.57171/jt.v2i2.302.
I. Nurhikmayati, “Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematika,” Didactical Mathematics, vol. 1, no. 2, pp. 41–50, 2019, doi: 10.31949/dmj.v1i2.1508.