Upaya Meningkatkan Pemahaman Karir : Implementasi Role Play Game Melalui Simulasi Profesi di SD Negeri Selaendah Desa Sadangmekar Jawa Barat

Penulis

  • Diandra Thufailah Sukmawati Prodi Bimbingan dan Konseling, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Jovita Anindya Prodi Bimbingan dan Konseling, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Nadine La Rosa Sopian Prodi Bimbingan dan Konseling, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Putri Ardila Prodi Bimbingan dan Konseling, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Salsabila Azahra Prodi Bimbingan dan Konseling, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3627

Kata Kunci:

Karir, Motivasi Belajar, Role-play

Abstrak

Pemahaman karir pada usia dini sangat penting bagi perkembangan individu, terutama siswa Sekolah Dasar (SD) yang mulai menunjukkan minat dan kecenderungan terhadap berbagai profesi. Namun, siswa di SDN Selaendah Desa Sadangmekar masih belum memadai, sehingga dibutuhkan solusi untuk menanggulangi masalah tersebut. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman karir siswa melalui metode Role-Playing Games (RPG) dengan fokus pada siswa kelas 6 di SDN Selaendah. Metode ini diterapkan melalui tahap pembelajaran, pendampingan, observasi, dan evaluasi (pre-test dan post-test). Hasil menunjukkan peningkatan nilai post-test dalam pemahaman karir siswa dengan rata-rata kenaikan skor 0,62 setelah dilaksanakan role play game. Selain itu, metode ini juga berhasil meningkatkan keterampilan sosial siswa seperti komunikasi dan kolaborasi. Dampaknya siswa menjadi lebih antusias dalam belajar dan termotivasi mengeksplorasi pilihan karir. Lebih lanjut, kegiatan ini memberikan dampak positif untuk mitra sekolah sebagai referensi dalam mengembangkan pendekatan pembelajaran karir yang lebih interaktif dan efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

L. S. Lubis, A. K. S. Warna, A. Wulan, U. Karimah, and A. Ayuhan, "Sosialisasi Dan Edukasi: Pentingnya Cita-Cita Pada Anak Sekolah Dasar," in Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, vol. 1, no. 1, Oct. 2022.

N. R. Irkinovich, "The Importance of Role-Playing Game in Teaching English in a Non-Linguistic University," International Journal of Pedagogics, vol. 2, no. 09, pp. 29–32, 2022. doi : https://doi.org/10.37547/ijp/Volume02Issue09-07

L. Saptono, B. E. Soetjipto, W. Wahjoedi, and H. Wahyono, "Role-Playing Model: Is It Effective to Improve Students’ Accounting Learning Motivation and Learning Achievements," Jurnal Cakrawala Pendidikan, vol. 39, no. 1, pp. 133–143, 2020. doi : https://doi.org/10.21831/cp.v39i1.24781

S. Haolah, E. E. Rohaeti, and T. Rosita, "Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kematangan Karier," FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), vol. 3, no. 1, pp. 1–8, 2020. doi : https://doi.org/10.22460/fokus.v3i1.3808

D. Vestalia, D. H. Wibowo, S. Psikologi, and U. Kristen, "Motivasi Belajar Dan Perencanaan Karir," Jurnal Psikologi Malahayati, vol. 3, no. 2, pp. 95–102, 2021. doi : https://doi.org/10.33024/jpm.v3i2.4132.

A. Pratiwi and A. R. Koesdyantho, "Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Perencanaan Karir Pada Siswa Kelas X Ips Di Man 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019," MEDI KONS: Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling UNISRI Surakarta, vol. 5, no. 2, 2019. doi : https://doi.org/10.33061/jm.v5i2.3180

C. W. Hoerudin, "Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing," Jurnal Bakti Tahsinia, vol. 2, no. 1, pp. 1–14, 2024. doi : https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/JBT/article/view/523

M. W. Andriani, "Pengaruh Layanan Informasi Menggunakan Papan Bimbingan Terhadap Pemahaman Karir Siswa Sekolah Dasar," Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, vol. 6, no. 2, pp. 68–77, 2019. doi : https://doi.org/10.29407/nor.v6i2.13604

S. Nurhaliza, A. Nurjuliani, S. Septiani, N. A. Putri, E. S. Anugrah, R. Purnamasari, D. A. Adzkiya, S. Aprianti, and R. R. Sekaring, "Implementasi Penggunaan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik TTKH Dengan Hambatan Pendengaran Di SKH Negeri 02 Kota Serang," Sindoro Cendekia Pendidikan, vol. 1, no. 3, pp. 90–103, 2023. doi : https://doi.org/10.9644/sindoro.v1i4.725

L. W. V. Hasibuan, C. V. Sinaga, and E. Thesalonika, "Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 095130 Senio Bangun," Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), vol. 4, no. 6, pp. 217–223, 2022. doi : https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8135

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-08-25

Cara Mengutip

Thufailah Sukmawati, D., Anindya, J., La Rosa Sopian, N., Ardila, P., & Azahra, S. (2025). Upaya Meningkatkan Pemahaman Karir : Implementasi Role Play Game Melalui Simulasi Profesi di SD Negeri Selaendah Desa Sadangmekar Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(4), 794-801. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3627