Pendampingan Pembelajaran Visual untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Anak Usia Dini di PAUD Cahaya Dutam, Bangkalan
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3508Kata Kunci:
Belajar Sambil Bermain, Literasi dan Numerasi, Media Visual, Pendidikan Anak Usia DiniAbstrak
Kemampuan literasi dan numerasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan perlu dikenalkan sejak dini mulai jenjang Anak Usia Dini (AUD). Namun, kemampuan literasi dan numerasi siswa di PAUD Cahaya Dutam, Bangkalan sangat rendah, sekitar 80% siswa belum mengenal huruf dan angka. Hal ini dikarenakan sarana dan prasarana guna mendukung proses pembelajaran kurang maksimal. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di PAUD Cahaya Dutam, Bangkalan melalui pendampingan pembelajaran visual. Subjek pengabdian ini adalah siswa Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) di PAUD Cahaya Dutam, Bangkalan. Tahapan pengabdian terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Indikator keberhasilan dilihat dari ketuntasan belajar secara klasikal, yaitu banyak siswa yang tuntas belajar dan peningkatan pretest dan postest . Hasil menunjukkan bahwa kemampuan literasi dan numerasi siswa KB dan siswa TK meningkat, karena ketuntasan belajar secara klasikal pada kelas KB dan kelas TK setelah dilakukan pendampingan pembelajaran visual mencapai dan peningkatan skor pretest dan postest pada kelas KB dan kelas TK . Ini menunjukkan bahwa pembelajaran visual dapat dilakukan oleh guru PAUD Cahaya Dutam, Bangkalan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa.Kemampuan literasi dan numerasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan perlu dikenalkan sejak dini mulai jenjang Anak Usia Dini (AUD). Namun, kemampuan literasi dan numerasi siswa di PAUD Cahaya Dutam, Bangkalan sangat rendah, sekitar 80% siswa belum mengenal huruf dan angka. Hal ini dikarenakan sarana dan prasarana guna mendukung proses pembelajaran kurang maksimal. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di PAUD Cahaya Dutam, Bangkalan melalui pendampingan pembelajaran visual. Subjek pengabdian ini adalah siswa Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) di PAUD Cahaya Dutam, Bangkalan. Tahapan pengabdian terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Indikator keberhasilan dilihat dari ketuntasan belajar secara klasikal, yaitu banyak siswa yang tuntas belajar dan peningkatan pretest dan postest . Hasil menunjukkan bahwa kemampuan literasi dan numerasi siswa KB dan siswa TK meningkat, karena ketuntasan belajar secara klasikal pada kelas KB dan kelas TK setelah dilakukan pendampingan pembelajaran visual mencapai dan peningkatan skor pretest dan postest pada kelas KB dan kelas TK . Ini menunjukkan bahwa pembelajaran visual dapat dilakukan oleh guru PAUD Cahaya Dutam, Bangkalan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa.
Unduhan
Referensi
I. Herawati and S. Rahmansyah, “Penerapan Media Visual untuk Memudahkan Pembelajaran Anak Usia Dini," PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 2, pp. 83–87, 2023, doi: 10.31851/pernik.v6i2.13672.
D. Amalia, “Optimalisasi Kemampuan Literasi Anak Usia Dini melalui Pemanfaatan Media Gawai,” Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, pp. 23–32, 2023, doi: 10.35878/tintaemas.v2i1.743.
S. Nur and I. Budiarti, “Penerapan Permainan Tebak Gambar dan Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok A1 TK Negeri Pakunden 1 Kota Blitar,” Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, vol. 4, no. 2, pp. 285–292, 2020, doi: 10.28926/riset_konseptual.v4i2.217.
V. Raoza, “Implementasi Media Visual Gambar untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di Tadikal Al Fikh Orchard Pendamar Indah 2 Selangor Malaysia,” AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, vol. 4, no. 3, pp. 1252–1266, 2024, doi: oi.org/10.37481/jmh.v4i3.1069.
M. Syafe, N. Estiningsih, N. A. Yuliastri, U. M. Klaten, and U. Hamzanwadi, “Penerapan Literasi Pada Anak Usia Dini Melalui Media Visual,” Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 4, no. 2, pp. 42–48, 2024, doi: 10.51700/alifbata.v4i2.751.
A. Ariyanto, K. A. Andika, L. I. Laini, N. S. Nugrahani, and D. N. V. Dewi “Peran Guru Dalam Pembelajaran Literasi di Masa Transisi PAUD-SD,” Jurnal Mitra Swawa Ganesha, vol. 10, no. 2, pp. 55–65, 2023.
L. Nurhayati, H. Djoehaeni, R. Mariyana, and I. Rahaju, “Pegaruh Project Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Anak Usia Dini,” Aulad: Journal on Early Childhood, vol. 7, no. 2, pp. 616–625, 2024, doi: 10.31004/aulad.v7i2.645.
I. Puspitasari and S. Watini, “Penerapan Model ATIK Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Anak Usia Dini Melalui Media Menggambar di Pos PAUD Flamboyan I,” Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 3, no. 3, pp. 387–398, 2022, doi: 10.62775/edukasia.v3i3.126.
A. Mayasari, W. Pujasari, Ulfah, and O. Arifudin, “Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik,” Jurnal Tahsinia, vol. 2, no. 2, pp. 173–179, 2021, doi: 10.57171/jt.v2i2.303.
D. I. Sari and Parrohah, “Pendampingan Belajar Sambil Bermain Menggunakan Media Mathematics Flashcards untuk Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar,” Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 2, pp. 236–243, 2024.